Mobil Suzuki Terbaru Indonesia Usung Teknologi Semi-Hybrid

mobil-suzuki-terbaru-indonesia

Mobil Suzuki Terbaru di Indonesia – Tidak hanya meluncurkan model baru, Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga memperkenalkan teknologi mobil semi-hybrid pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun kemarin. Teknologi andalan Suzuki ini diklaim dapat membuat konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi lebih irit.

Managing Director PT SIS, Davy J. Tuilan mengatakan, pameran otomotif GIIAS merupakan kesempatan pertama Indonesia untuk melihat secara langsung teknologi mobil semi-hybrid keluaran Suzuki.

“Suzuki melihat bahwa yang namanya teknologi ke depan ujung-ujungnya meningkatkan efisiensi. Namun hal itu tidak harus menemukan teknologi baru. Contohnya di Jepang, dengan mengembangkan teknologi mesin konvensional konsumsi bahan bakarnya bisa mengalahkan mesin sistem hybrid. Untuk itu suzuki menghadirkan teknologi semi hybrid,” ujar Davy.

Davy menjelaskan, teknologi semi-hybrid merupakan penggabungan teknologi konvensional dengan beberapa pembaruan. Di samping hemat BBM, biaya produksi teknologi semi-hybrid ini lebih murah dibandingkan dengan teknologi full hybrid.

“Hybrid itu mahal, belum support juga di Indonesia. Makanya kami perkenalkan semi-hybrid. Kalau bisa memanfaatkan teknologi yang ada, kenapa harus melahirkan teknologi baru?” kata Davy.

Perlu diketahui, salah satu produk lansiran Suzuki yang sudah ditunjang dengan teknologi semi-hybrid adalah mobil konsep IM-4. Mobil suzuki tipe terbaru yang diposisikan sebagai crossover ini digadang-gadang merupakan pengganti Suzuki Jimmy di masa mendatang. Suzuki IM-4 pertama kali diperkenalkan di pameran otomotif Geneva Motor Show 2013 kemarin.

foto mobil suzuki terbaru

mobil-suzuki-terbaru-di-indonesia

Mobil suzuki terbaru Indonesia ini hadir dengan desain futuristik yang dipadukan dengan sedikit sentuhan retro. Melihat tampilan depannya, grille Suzuki IM-4 memiliki tampilan yang menawan. Grille tersebud disandingkan dengan headlamp berdesain menarik. Pilar A dan B mobil suzuki terbaru ini dilabur dengan warna hitam sehingga menghadirkan kesan menggantung di pilar C, sama halnya dengan Suzuki Hustler.

Melihat dimensinya, Suzuki IM-4 memiliki panjang 3.693 mm, engan lebar 1.709 mm, tinggi 1.566 mm dan wheelbase 2.438 mm. Menariknya, pada sektor kaki-kaki pabrikan otomotif berlambang ‘S’ menyematkan pelek berukuran 18 inci. Hal ini membuat tampilannya terlihat menarik, lantaran panjangnya yang sedikit lebih pendek dari Toyota Etios Valvo yang memiliki panjang 3.775 mm. Kendati demikian, Suzuki IM-4 ini telah dilengkapi dengan sistem penggerak roda 4WD yang membuat performanya lebih mumpuni.

Mobil konsep tersebut mengandalkan mesin berbahan bakar bensin yang memiliki kapasitas sebesar 1.200 cc, 4 silinder DUALJET dengan SHVS sebagai sumber tenaganya. Mesin ini disambungkan dengan baterai Lithium Ion dan sensor rem.

Nantinya, energi yang terbuang ketika pengemudi mengerem mobil akan ditampung dan disalurkan kembali ke baterai. Agar lebih irit, mesin yang dibenamkan pada Suzuki IM-4 dilengkapi dengan perangkat turbocharged dan direct injection.

Melihat deretan Sport Utility Vehicle (SUV) milik Suzuki, ada satu model yang sedang dipersiapkan oleh automaker asal Jepang itu. Mobil tersebut adalah Suzuki Vitara. Model terbaru Suzuki ini dikabarkan telah memasuki tahap produksi massal.

Nantinya, Suzuki Vitara akan ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni bensin 1.6 liter dan diesel 1.6 liter. Untuk mesin bensin, tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 120 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 156 Nm pada 4.400 rpm. Sementara mesin diesel mampu mengeluarkan tenaga 120 hp pada 3.750 rpm dengan torsi puncak 320 Nm pada 1.750 rpm. Mesin ini dikombinasikan dengan dua pilihan sistem penggerak, yakni sistem penggerak roda depan sebagai pilihan standar dan sistem berpenggerak empat roda.

Crossover lima pintu yang diperkenalkan di Geneva Motor Show 2015 ini memiliki tampilan yang hampir mirip dengan Range Rover Evoque dan Mitusibishi Outlander Sport. Grille Suzuki Vitara memiliki desain lebar, dengan bumper yang dibekali dua foglamp dan lampu Daytime Running Light (DRL) berdesain persegi panjang.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Mobil Suzuki Ertiga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s