Sekilas Regulasi Spesifikasi Mesin MotoGP

spesifikasi mesin motogp

Regulasi Spesifikasi Mesin MotoGP – Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas informasi seputar motoGP, moto2 dan moto3, seperti yang Anda ketahui atau bagi yang belum mengetahui bawah motor yang digunakan pada ajang balap motoGp tersebut merupakan motor yang tidak diperjualbelikan secara umum dan tidak boleh atau dilarang digunakan di jalan raya. Motor tersebut merupakan motor yang dibuat secara khusus untuk profesional. spesifikasi motor moto gp

MotoGP sendiri mulai tahun 2012 memiliki regulasi teknis yang sudah diterapkan yakni spesifikasi mesin motoGP yang diperbolehkan adalah 1000cc, spesifikasi mesin motogp 1000cc tersebut hadir dengan 4 silinder serta bore seher yang memiliki diameter 81 milimeter. Selama musim balap berlangsung, pebalap hanya dijatah sebanyak 5 mesin dan barang siapa yang melanggar regulasi tersebut akan terkena pinalti yakni start dengan keterlambatan 5 detik dari pitlane. Akan tetapi jika pabrikan tertentu belum pernah sama sekali memenangkan race di trek kering atau dengan kata lain baru mengikuti ajan balap bergengsi ini, boleh menggunakan 12 mesin.

Sedangkan untuk kategori Moto2 merupakan motor balap dengan spesifikasi mesin yang memiliki kapasitas 600cc empat tak. Memang kategori ini memiliki cc lebih kecil namun banyak penggila balap yang menyukai kategori ini. Untuk kategori yang lebih kecil lagi adalah moto3 yakni hadir dengan mesin 250cc 1 silinder.

Meskipun balap motogp, moto2 dan moto3 merupakan ajang balap yang terkenal dengan kecepatannya namun tetap tidak boleh menggunakan spesifikasi mesin motogp yang mengusung teknologi super atau turbo charging dan motor-motor yang diturunkan pada ajang tersebut juga tidak boleh memiliki jumlah perseneling melebihi 6 gigi.

Adapun motor MotoGP yang telah diciptakan untuk memenangi balapan dan ajang pamer kemampuan setiap pabrikan. Karena itu, mesinnya pun dibuat dari bahan termahal dan teringan seperti titanium dan karbon, yang tidak akan tersedia di motor pada umumnya. Jadi ajang balap ini juga sebagai ajang promo pabrikan otomotif ternama di dunia guna mendongkrak brand yang diusungnya katakanlah seperti spesifikasi mesin motogp honda, spesifikasi mesin motogp yamaha dan lain-lain.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan sekilas mengenai regulasi spesifikasi mesin motogp, moto2 dan moto3. Semoga bermanfaat untuk Anda dan menambah referensi Anda serta menjawab kebingunan mengenai spesifikasi mesin motogp.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s