Mobil Baru Tata Xenon Double Cabin Indonesia Telah Hadir

tata xenon xt indonesia

Produsen mobil asal Negeri Hindustan, Tata Motors memiliki strategi tersendiri untuk bersaing di pasar otomotif nasional. Tata Motors Indonesia lebih memilih untuk fokus penjualan di sektor mobil komersial. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Tata Xenon XT D-Cab 4×4 di Indonesia. mobil pick up

Pikap baru Tata ini diperkenalkan di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di ICE, BSD City, Tangerang. Tata Xenon XT D-Cab 4×4 ini disebut sebagai mobil dua kabin yang mempunyai keandalan dan biaya operasional paling sedikit di kelasnya.

Berita Otomotif Terbaru : http://indonesiautosblog.com

“Tata Xenon XT D-Cab 4×4 adalah truk kabin ganda andalan Tata Motors yang kuat dan menjanjikan biaya operasional paling efisien di kelasnya. Dua hal itu adalah poin penting bagi pelanggan kami di Indonesia. Dan kami yakin Tata Xenon XT D-Cab akan diterima baik oleh pasar Indonesia,” jelas Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI, ditemui di booth Tata, Rabu (26/08/2015), dilansir dari situs Dapurpacu.

Kehadiran Tata Xenon XT D-Cab 4×4 ini memang yang pertama kalinya di Indonesia, sekaligus menjadi pemain baru di segmen mobil komersil kabin ganda. Rencananya pemesanan unit mobil ini dapat dilakukan di awal 2016 mendatang.

Melihat tampilannya, Xenon XT D-Cab 4×4 memiliki kapasitas loading deck luas dengan ukuran anjang 1.430 mm, lebar 1.410 mm dan tinggi mencapai 400 mm. Ground clearance atau jarak bebas ke tanahnya mencapai 210 mm.

Agar kenyamanan pengguna terjaga, Tata Motors membenamkan suspensi independen antiroll bar dan fitur LSD (Limited Slip Differential) pada mobil barunya ini. Fitur-fitur tersebut dapat memberikan kestabilan saat bermanuver walaupun sedang bermuatan beban penuh. Hadirnya fitur LSD juga menandakan bahwa Tata Xenon XT D-Cab 4×4 ini dapat dikendarai di segala medan dan kondisi jalan.

Meskipun tergolong ke dalam kendaraan niaga, Tata Motors tidak mengabaikan aspek keamanan dari pikapnya ini. Oleh karenanya, Tata Xenon XT D-Cab 4×4 dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan mumpuni seperti dual airbags, ABS (Antilock Braking System), side impact beams dan reinforce 3 layer body construction.

Sementara untuk sektor pacunya, Tata Xenon XT D-Cab 4×4 dipersenjatai dengan mesin diesel Tata berkapasitas 2.2 liter DICOR turbocharged. Mesin tersebut dilengkapi dengan teknologi Water-cooled Direct Injection Common Rail Turbo-charged intercooled Diesel.

Berbekal mesin ini, Tata Xenon XT D-Cab 4×4 dapat menghembuskan tenaga hingga 148 PS pada putaran mesin 4.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 320 Nm pada 1.700-2.700 rpm. Jantung pacu ini sesuai dengan spesifikasi EURO II, dengan begitu Tata Xenon XT D-Cab 4×4 aman untuk menggunakan bahan bakar diesel yang dijual di Indonesia.

Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan berteknologi GBS-76-5/4.1 dengan manual overdrive guna memudahkan perpindahan gigi, serta fitur electric shift arrangement transmission. Operasi transmisi manual mobil ini memberikan kesan nyaman dan menyenangkan dengan grade ability 90%. Tidak hanya itu, pikap ini diklaim dapat melesat hingga menembus kecepatan 160 km/jam. Di sampingi itu mobil ini juga irit bahan bakar.

“Pelanggan Tata Motors kami harapkan sudah dapat memesan Tata Xenon XT D-Cab 4×4 pada awal 2016. Dan kami mengundang khalayak pengguna dan penggemar kendaraan kabin ganda untuk melihat langsung Tata Xenon D-Cab di booth Tata Motors di GIIAS 2015 BSD,” ujar Biswadev.

Walaupun sudah memberikan informasi mengenai kapan mobil ini dapat mulai dipesan, namun pihak Tata Motors Indonesia belum membocorkan harga pikap terbarunya itu. Biswadev mengungkapkan bahwa mobil barunya ini cocok untuk bersaing di sektor pertambangan dan perkebunan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s