Motor Yamaha Mio Fino Terbaru Bermesin Listrik

motor listrik yamaha mio fino

Seiring berkembangnya teknologi, industri otomotif tidak hanya dituntut untuk mengembangkan produk yang memiliki tingkat efisiensi yang baik saja, namun juga ramah terhadap lingkungan. Oleh karena itu perusahaan otomotif di seluruh penjuru dunia mulai mengembangkan kendaraan yang ramah lingkungan dengan berbekal terknologi tercanggih. motor yamaha terbaru

Hal ini juga dilakukan oleh pabrikan motor berlambang tiga garputala, Yamaha Motor Corporation. Yamaha baru saja merilis motor barunya, yakni Fino yang dipersenjatai dengan mesin listrik.

Berita Motor Terbaru : http://indonesiautosblog.com/motor

Menurut informasi yang dimuat oleh situs Responsjp belum lama ini, skuter matik berdesain retro itu dibekali dengan motor listrik DC. Motor yang di Indonesia dikenal dengan nama Mio Fino ini dilengkapi dengan baterai lithium-ion berdaya 50 V untuk penyimpanan energi listrik.

Diklaim, baterai yang dibenamkan pada skutik listrik bernama Yamaha E-Fino ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan perjalanan sejauh 29 km dalam kondisi penuh. Menariknya, baterai tersebut dapat dilepas dan dipasang dengan mudah sehingga tidak akan menyulitkan pengguna saat akan melakukan pengisian ulang.

Bila daya listrik habis, baterai E-Fino dapat diisi pada colokan rumah dengan tegangan listrik 100 V. Untuk mengisi ulang hingga penuh, waktu yang dibutuhkan selama tiga jam.

Yamaha E-Vino 2015 Jepang 2

Ada yang berbeda antara Yamaha E-Fino dengan motor listrik yang dijual di pasaran. Skuter matik ini dibekali dengan fitur untuk memilih keluaran tenaga yang dihasilkan. Yamaha menyediakan tiga mode pada skutik ini, yakni standard, power dan boost. Mode terakhir dapat digunakan oleh pengendara ketika skutik melalui jalanan menanjak atau daerah perbukitan.

Untuk mengakomodir barang bawaan, Yamaha E-Fino ini dilengkapi dengan bagasi yang memiliki volume 10 liter. Bagasi ini terletak di balik jok dan menyatu dengan dudukan baterai.

Rencananya yamaha mulai meniagakan skutik listriknya ini pada 29 September mendatang. Yamaha E-Fino nantinya akan diproduksi oleh Yamaha Motor Taiwan. Untuk harganya, Yamaha Motor Corporation membanderolnya dengan harga 236.520 yen atau setara Rp 25,6 jutaan. Selama masa promosi, Yamaha memberikan potongan sebesar 20 ribu yen atau jika dikurskan mencapai Rp 2,17 juta untuk para konsumen Yamaha E-Vino.

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya Yamaha juga sempat merilis E-Fino di Taiwan. E-Fino yang dipasarkan di sana sedikit berbeda dengan yang ada di Jepang, namun tetap dalam balutan konsep retro. Skutik berdimensi mungil ini dapat digunakan oleh 2 orang. Sama halnya dengan E-Fino untuk pasar Jepang, E-Fino ini dibekali dengan baterai Lithium-ion 50 V. Sedangkan jarak tempuhnya mencapai 33 km, dengan kecepatan maksimal mencapai 44 km/jam.

Motor ini memiliki dimensi panjang 1.675 mm, dengan lebar 670 mm dan tinggi 1.030 mm. Bobot skuter matik listrik ini tergolong ringan, yakni hanya mencapai 66 kg.

Untuk sistem pengeremannya, Yamaha E-Fino mengandalkan rem tromol di kedua rodanya. Walaupun masih mengusung model tromol, namun hal tersebut dirasa sudah cukup mengingat top speed E-Fino yang rendah. Untuk sistem suspensinya, skutik ini menggunakan suspensi model teleskopik pada roda depan an jenis single swing arm dan mono shock pada roda belakangnya.

Di Tanah Air, Mio Fino yang merupakan saudara dekat E-Fino dibekali dengan mesin konvensional berkapasitas 125 cc, 2 valve, SOHC, YMJET-FI. Mesin ini mampu menghantarkan daya hingga sebesar 7,75 PS pada 8.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 8,5 Nm pada putaran 5.000 rpm. Top speed atau kecepatan maksimum yang mampu diraih skutik ini yaitu 95 km/jam. Dengan hadirnya teknologi injeksi, konsumsi bahan bakar Mio Fino dapat ditekan hingga mencapai 52 km/liter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s