Resmi Jadi Anak Kos? Lengkapi Dirimu Dengan ‘Amunisi’ Ini!

Jadi Anak Kos

Ketika memutuskan untuk bekerja atau kuliah di luar kota maka kamu akan diberi dua pilihan berat. Memaksakan diri pulang pergi ke rumah atau mencari kos. Menurut mereka yang sudah berpengalaman nih, mending mencari tempat hunian saja di kota tujuan. Selain biaya yang lebih murah dan terjangkau, kamu bisa maksimal melakukan aktivitas lantaran tidak capek di jalan.

Memutuskan untuk nge-kos sama halnya seperti kamu pergi camping beberapa hari. Butuh banyak persiapan terutama untuk yang baru pertama kali melakukannya. Nah, apa saja sih hal-hal yang dibutuhkan untuk survive di masa-masa pertama jadi anak kos? Simak info penting ini deh!

1. Peralatan ‘Hidup Mati’

Jangan pernah membayangkan hidup anak kos seperti di penjara ya! Pasalnya, kalau kamu bisa managedengan baik maka jatuhnya malah makin asik. Tapi, kamu harus melengkapi diri dengan banyak hal, salah satunya peralatan perang. Maksudnya tools untuk kamu bertahan selama masa peralihan, antara rumah nyaman yang semuanya sudah tersedia, dengan kos yang asing dan segala kebutuhan harus dipenuhi sendiri.

Ilustrasi [Image Source]

Rice cooker, peralatan memasak ringan, dispenser, galon air harus ada di top list milikmu. Tambahkan pula dengan belanja grocery untuk sebulan atau minimal seminggu. Penting nih sebagai sebagai modal untuk bertahan hidup. Kalau kata anak sekarang, ‘jangan lupa makan, nanti mati.’

2. Peralatan Tempur…Untuk Tidur

Biar bisa tidur nyaman di malam pertama, maka jangan pernah mengandalkan properti milik kos barumu. Terutama untuk hal-hal yang berhubungan dengan kenyamanan misalnya bantal, guling dan selimut. Beli yang baru atau bawa dari rumah.

Ilustrasi [Image Source]

Berbekal hal ini setidaknya kamu tidak akan merasa terlalu asing. Kalau perlu beli sekalian kasurnya agar makin nyaman. Tapi, untuk yang satu itu lebih baik jangan dilakukan terburu-buru. Pasalnya kamu bakal repot kalau ternyata tempatnya sendiri tidak membuatmu nyaman.

3. Kebersihan

Sama sekali tidak ada yang peduli tentang masalah kebersihan di kos selain kamu sendiri sebagai penghuninya. Be aware ya, karena ini juga penting dan berhubungan dengan kesehatanmu nantinya. Beli perlengkapan yang penting mulai dari handuk baru, peralatan mandi dan kebutuhan lain yang berhubungan dengan self-hiegene.

Ilustrasi Perlengkapan Mandi [Image Source]

Kebersihan tempat juga harus jadi hal yang kamu perhatikan tuh. Kalau tempat kos baru tidak menyediakan sapu, pel dan sebagainya, maka tidak ada pilihan lain kecuali kamu membelinya sendiri. Bikin kosan senyaman di rumah adalah langkah tepat untuk membuatmu makin kerasan.

4. Tas Besar

Akan ada saat dimana kamu membutuhkan tas besar atau koper. Misalnya aja untuk studi tur di kampus atau meeting di luar kota. Tapi, fungsi yang lebih penting lainnya adalah untuk pindahan. Punya beberapa tas besar akan sangat membantu lho. Packaging-nya juga tidak susah dan waktu yang dibutuhkan untuk pindahan juga makin singkat.

Ilustrasi [Image Source]

Fungsi lain dari tas besar atau koper ini adalah sebagai kabinet sementara ketika pemilik kos ternyata tidak menyediakannya. Sama sekali tidak ada yang mubazir kok untuk anak kos, percaya deh!

5. Catatan

Ini mungkin yang sering dilupakan banyak anak kos pemula. Yup, catatan ini adalah guidance ataumanual book yang bisa membuatmu bertahan di hari-hari pertama. Manfaatkan benda ini untuk mencatat apa pun. Mulai dari peraturan kos sampai dengan resep masakan sederhana yang tidak membuang banyak waktu.

Ilustrasi Catatan [Image Source]

Catat juga hal-hal penting lain seperti bagaimana lingkungan sekitar atau pun saran-saran dari tetangga kos yang yang sudah lama. Remeh sih, tapi suatu saat kamu akan sangat membutuhkan catatan ini.

Memutuskan untuk kos memang sama ribetnya seperti kamu memilih jodoh. Harus mempersiapkan banyak hal serta yang paling penting adalah membekali diri dengan berbagai pernik yang kalau dianalogikan adalah deretan benda penting di atas.

Sumber: Boombastis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s