9 Makanan untuk Memerangi Kelelahan

Makanan Pengusir Lelah

Kelelahan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Namun para ahli kesehatan ternama telah menunjukkan bahwa, gizi buruk sering disebut-sebut sebagai faktor terbesar.

Makanan adalah bahan bakar dari energi, tubuh membutuhkan nutrisi penting untuk dapat terus hidup dan menjalankan aktivitas harian. Maka dari itu, pada saat Anda merasa lelah atau letih, konsumsilah makanan-makanan berikut, yang memiliki kemampuan untuk memerangi kelelahan.

1. Semangka.
Air merupakan obat mujarab bagi kehidupan. Hidrasi tubuh membantu mengalahkan kelelahan. Tapi air juga dapat dikonsumsi dengan cara lain. Semangka merupakan salah satu cara terbaik untuk mengisi kadar air yang hilang dalam tubuh Anda dan mengembalikan energi, karena di dalam semangka mengandung kadar air sekitar 90 persen.
2. Biji-bijian.
Karbohidrat merupakan bahan bakar dari otak. Karbohidrat kompleks seperti yang ada pada biji-bijian dapat melepaskan energi secara bertahap dalam tubuh Anda. Makanan ini menjaga kadar gula darah Anda dan menjaga pikiran Anda untuk tetap aktif dan waspada. Oatmeal bisa dijadikan pilihan untuk makanan jenis ini.
3. Cokelat hitam.
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa, bahkan sebagian kecil dari cokelat hitam dapat mengembalikan energi dalam tubuh Anda dan membuat fungsi otak Anda lebih aktif. Cokelat hitam dapat merangsang sel-sel otak dan meningkatkan suasana hati Anda dengan cepat. Tetapi, tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan.
4. Kenari.
Asam lemak omega 3 berperan besar untuk memerangi kelelahan. Orang yang mengalami kelelahan biasanya disebabkan karena kekurangan asam lemak omega 3. Kenari kaya akan nutrisi penting ini dan di dalam satu ons kenari dapat menjadikan tubuh Anda bugar kembali.
5. Kacang.
Kacang merupakan serat. Serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, dan karenanya makanan ini dapat memberikan energi dalam tubuh untuk waktu yang lama. Kacang kaya akan magnesium dan membantu dalam menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.
6. Protein tanpa lemak.
Apakah Anda pernah makan burger atau pizza saat Anda lelah? Mereka memberi Anda energi instan dan menghabiskannya lebih cepat. Hal ini karena, makanan cepat saji kaya akan garam yang dapat menghilangkan tingkat energi dalam tubuh lebih cepat. Sebaiknya, pilihlah makanan yang mengandung protein tanpa lemak. Protein tidak hanya baik untuk membangun otot, tetapi juga terdiri dari asam amino yang menjaga pikiran Anda untuk tetap waspada.
7. Makanan yang kaya akan vitamin C.
Paprika merah dan buah jeruk, kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai ‘pejuang’ melawan kelelahan. Antioksidan hadir dalam makanan ini untuk mengurangi tingkat stres dalam tubuh. Oleh karena itu, mendapatkan dosis harian vitamin C sangat penting untuk kelancaran fungsi tubuh dan tingkat energi yang berkelanjutan.

8. Ubi.
Ubi jalar merupakan makanan penangkal kelelahan, bukan hanya karena serat yang terkandung di dalamnya, tetapi juga karena kaya kalium. Ubi jalar membuat tingkat stres Anda turun drastis sehingga menjaga tubuh Anda tetap berenergi.

9. Telur.
Telur kaya akan protein, zat besi dan seng. Produksi energi dalam tubuh dapat dirangsang dengan konsumsi telur. Nutrisi yang terkandung di dalam makanan ini, dapat membantu tubuh Anda berfungsi secara efektif dengan mempertahankan tingkat energi yang tinggi.

Sumber : beritauniklucumenggemaskan.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s