6 Makanan Sehat Palsu yang Wajib Dihindari

6 Makanan Sehat Palsu yang Wajib Dihindari

Ketika Anda berbelanja di supermarket, mungkin Anda akan mudah tergoda untuk mengambil satu atau dua bungkus makanan kemasan yang terlihat dan dianggap sehat oleh Anda.
Namun kenyataannya, di balik makanan sehat tersebut terdapat fakta yang sangat berbeda. Makanan yang menawarkan kandungan sehat di dalamnya, sebenarnya adalah makanan sehat palsu.
Karena kandungan di dalam makanan tersebut sudah dicampur dengan beberapa bahan yang membuat kandungan sehat di dalamnya jadi hilang. Dan berikut enam makanan sehat palsu yang wajib Anda hindari.

1. Granola atau instan oatmeal.
Banyak orang berpikir bahwa granola atau instan oatmeal sangat menyehatkan. Tapi sebenarnya tidak. Oats yang terdapat pada granola atau sereal lainnya diproses sangat halus, sehingga makanan ini kehilangan semua nilai gizi yang terkandung di dalamnya, terutama serat. Jadi, ketika Anda makan semangkuk granola setiap pagi, sebenarnya Anda telah menumpuk kalori dan gula dengan indeks glikemik yang lebih tinggi. Sereal Anda kemudian diperparah karena Anda menambahkan gula dan buah-buahan kering untuk ditambahkan ke dalam granola Anda.
2. Jus buah.
Apakah Anda tahu bahwa minum satu gelas jus buah kemasan, sama saja dengan minum satu gelas cola manis? Tidak peduli seberapa sehat jus kemasan mengklaim diri mereka, kenyataannya jus kemasan tidak lain hanyalah campuran dari beberapa daging buah, air, gula dan banyak perasa buatan. Bahkan jika Anda minum jus segar, itu tidak sama dengan makan buah utuh, karena sebagian besar serat akan hilang dalam proses jus.
3. Minyak nabati. 
Minyak nabati mungkin terlihat sehat karena terbuat dari tumbuh-tumbuhan, tapi ini adalah makanan sehat palsu yang harus Anda hindari. Minyak tersebut telah melalui proses penyempurnaan, sehingga mengandung asam lemak Omega-6 dalam jumlah tinggi. Minyak ini juga dapat menyebabkan peradangan yang bisa mengakibatkan penyakit jantung, obesitas dan berbagai masalah kardiovaskular lainnya. Jika Anda ingin menggunakan minyak nabati dalam masakan Anda, beralihlah ke minyak zaitun yang merupakan pilihan yang lebih sehat.
4. Selai kacang rendah lemak.
Makanan yang satu ini memang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, karena dipercaya dapat mempertahankan berat badan ideal tanpa mengorbankan rasa. Selai kacang tersebut memiliki kandungan kalori lebih tinggi dari selai kacang biasa. Hal ini dikarenakan produsen telah menambahkan gula, karena mereka tidak dapat menghapus kandungan lemak total.
5. Margarin.
Apakah Anda lebih memilih margarin daripada mentega untuk alasan kesehatan? Hal yang perlu Anda sadari adalah, sebenarnya margarin merupakan makanan sehat palsu yang berbahaya untuk Anda. Margarin diproses dengan banyak minyak nabati dan mengandung banyak lemak trans. Semua nutrisi dalam mentega alami termasuk vitamin K2 juga telah hilang dalam margarin, karena proses yang tidak alami dalam pembuatannya.
6. Yoghurt rasa.
Anda melakukan kesalahan besar jika melakukan diet dan menganggap yoghurt rasa itu sehat. Yoghurt yang tersedia di supermarket adalah makanan kesehatan palsu yang sebenarnya sarat dengan gula perasa buatan. Jika ingin yoghurt yang sehat, pilihlah yoghurt polos yang mengandung laktosa alami, yang mengandung sekitar 10 gram gula susu alami.
Sumber : beritauniklucumenggemaskan.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s