5 Makanan Sehat yang Bisa Bikin Kamu Sakit

food-05

Mungkin kamu berpikir, bagaimana bisa makanan sehat bisa membuat seseorang jadi sakit? Yup, beberapa makanan sehat ini memang bisa bikin kamu sakit jika kamu tidak mencucinya dengan bersih sebelum dimasak dan jika kamu tidak mengolahnya dengan benar.

Sayuran Hijau

Setiap orang tahu kalau sayuran hijau merupakan salah satu bahan makanan penting bagi tubuh. Namun, sayuran hijau juga menyebabkan 8.836 kasus penyakit selama satu dekade akibat 262 wabah. Hal ini disebabkan oleh kontaminasi kotoran, bilasan air yang kotor, tangan yang tidak dicuci sebelum mengolahnya, dan menggunakan talenan yang kotor saat memotongnya.

Telur

Telur merupakan menu favorit di hampir seluruh dunia. Namun, makanan yang satu ini telah mengakibatkan 138 wabah yang disebabkan oleh bakteriSalmonella. Bakteri tersebut dapat berkembang biak di dalam telur sehingga kamu harus memasaknya dengan benar sampai matang. Hindari makan setiap produk yang mengandung telur mentah, termasuk adonan kue.

Ikan Tuna

Makanan yang satu ini juga mengandung gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Namun, ikan jenis ini dapat terkontaminasi oleh Scombrotoxin yang menyebabkan kemerahan, sakit kepala, dan kram. Jika disimpan pada suhu di atas 60 ? setelah ditangkap, ikan segar dapat melepaskan toksin yang tidak dapat dihancurkan dengan memasak. Untuk itu, kamu harus memasak ikan tuna segar jika tidak ingin terkena penyakit.

Tiram

Sama halnya seperti telur dan ikan tuna, tiram atau kerang yang disajikan dalam keadaan mentah juga bisa menimbulkann penyakit yang berbahaya, bahkan sampai pada tahap kematian. Jika disajikan mentah atau kurang matang, tiram dapat mengandung bakteri Vibrio Vulnificus yang bisa menyebabkan mual, muntah, dan diare.

Daging

Daging merupakan bahan makanan yang menyebabkan sedikitnya 33.000 penyakit pada tahun 1998-2010, berdasarkan laporan IHSG. Daging ayam bertindak sebagai penyebab 455 wabah terkait dengan 7.000 jenis penyakit. Daging sapi berada di posisi kedua sebagai penyebab penyakit akibat kemungkinan kontaminasi bakteri E. Coli. Oleh karena itu, cucilah tangan sebelum mengolah daging, belilah daging segar, dan jangan simpan daging terlalu lama sebelum diolah.

Sumber : lintas.me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s