Ini 10 Cara Mudah Untuk Memicu Ide Kreatifitas Kamu!

Lightbulb Drawn Onto Paper Whilst Brainstorming for an Idea.

Bekerja di industri kreatif seperti designer, writer, videographer, fotografer atau bidang lainnya yang bersifat kreatif. Memang dibutuhkan banyak ide disamping kamu sudah memiliki keahlian yang mempuni. Ide bisa datang darimana saja dan kapan saja, dan setiap hari kamu dituntut harus memiliki 1001 ide untuk mengaplikasikan itu semua kepekerjaan kamu.

Memang tidak mudah untuk menjadi sesorang yang kreatif, namun hal tersebut bisa kamu latih dan kamu eksplor terus menerus hingga menjadi sebuah kebiasaan. Nah bagaimana caranya agar tidak kehabisan ide, berikut 10 hal mudah yang dapat kamu lakukan untuk memicu ide dan kreatifitas :

1. Membaca

Sudah berapa banyak daftar buku, majalah, koran atau bacaan lainnya? yang kamu baca setiap hari, tiap minggu atau tiap bulannya?Jika masih bisa dihitung dengan jari, coba mulai sekarang untuk banyak-banyak membaca karena banyak membaca membuat kamu banyak tahu banyak hal. Selain itu kamu juga tidak akan ketinggalan informasi yang sedang tren saat ini.

2. Menjadi Pengamat Tren

Selain dengan membaca, kamu juga harus mengamati tren yang sedang booming di masyarakat. Apa yang sedang hits saat ini? Apa yang sedang banyak orang banya bicarakan? Apa yang banyak orang pakai? Jangan sampai kamu menjadi orang yang ‘kudet’ kurang update dengan perkembangan tren yang ada.

3. Internet dan Sosial Media

Segala informasi sekarang sudah bisa diakses dari mana saja, dengan memanfaatkan koneksi internet. Coba rajin-rajin membuka internet dan social media karena banyak sekali inspirasi dari sana yang dibagikan oleh lingkaran orang-orang di sekitar kamu.

4. Amati Tiru Modifikasi

Untuk memicu kreatifitas kamu dalam berkarya, tidak ada salahnya untuk menggunakan metode amati, tiru dan modifikasi atau yang disebut ATM. Menggunakan metode ini bukan berarti kamu menjadi seorang plagiat yah! Tapi hanya untuk menjadi sumber inspirasi dalam menciptakan karya-karya baru.

5. Televisi

Jika kamu kurang memiliki waktu untuk membaca, coba sempatkan untuk menonton televisi seperti siaran berita, talkshow, atau acara-acara berkualitas yang biasanya ada disiaran-siaran TV luar.

6. Film

Banyak orang yang menjadi terinspirasi setelah menonton film, melihat cerita, tokoh dan adegan didalamnya. Oleh karena itu coba sempatkan untuk melakukan nobar bersama teman satu tim untuk pergi ke bioskop.

7. Pertunjukan Seni

Seni merupakan hal yang membutuhkan ide dan kreatifitas tinggi, Maka jangan segan-segan untuk pergi ketempat-tempat pertunjukan seni yang ada di kota kamu. Seperti pertunjukan musik, tari, teater, pagelaran budaya, fashion show, pameran lukisan, atau pertunjukan seni lainnya. Setiap acara seni pasti memiliki konsep acara yang berbeda-beda dan disitu kamu bisa mengamati banyak hal.

8. Traveling

Bekerja setiap hari dengan banyak client dan deadline yang menumpuk. Memang bisa membuat stres, jenuh, bahkan ide kamu menjadi buntu. Kalau sudah begitu mungkin sudah saatnya kamu refreshing libur sejenak untuk pergi traveling mengunjungi tempat-tempat baru yang menarik. Siapa tahu disana kamu bisa mendapatkan banyak ide.

9. Seminar atau Workshop

Kadang untuk menambah ilmu dan wawasan kamu harus belajar dari pakarnya. Coba ikutan seminar atau workshop yang kamu minati, Karena biasanya seminar atau workshop dibawakan oleh orang yang sudah ahli serta berpengalaman dibidangnya. Dan pada seminar atau workshop adalah waktu yang tepat untuk kamu banyak bertanya kepada pembicara, menggali inforamsi sedalam-dalamnya.

10. Ikut Komunitas

Apakah kamu mengikuti komunitas, club atau lainnya yang sesuai dengan hobi, minat, profesi kamu? Jika belum, coba deh rasain serunya ikutan komunitas. Karena dengan mengikuti komunitas makin mudah koneksi yang dapat kamu bangun, selain itu kamu juga bakal memperbanyak informasi dari bidang, hobi atau minat yang kamu geluti karena memiliki banyak kesamaan.

Sumber: lintas.me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s