10 Cara yang Harus Kamu Lakukan Agar Sukses dalam Berkarir


Dunia telah menjadi semakin kompetitif, maka dari itu kamu perlu melakukan yang terbaik untuk bisa mendapatkan kesuksesan yang kamu harapkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar sukses dalam berkarir.

  1. Tetapkan prioritas dan tujuan. Apakah prioritas kamu  hari ini? Jika kamu belum memilikinya, maka buatlah daftar prioritas dan rencana hari ini agar kamu tahu hal apa yang harus kamu lakukan dan hal apa yang bisa kamu cancel.
  2. Fokus. Belajarlah untuk fokus terhadap berbagai hal yang sedang kamu lakukan merupakan faktor penting yang perlu kamu lakukan. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terganggu oleh hal-hal yang membuat pekerjaan jadi terhambat.
  3. Perluas keterampilan yang kamu miliki. Setiap perusahaan tentu akan meningkatkan kualitasnya, begitu juga dengan kamu. Kamu perlu meningkatkan semua kemampuan yang kamu punya agar bisa menjadi salah satu orang yang dianggap penting dalam perusahaan.
  4. Bersosialisasi. Bersiaplah untuk berperan dalam fungsi sosial dan bukalah hatimu untuk menerima teman-teman baru. Bertemu dengan orang-orang baru dan berurusan dengan mereka secara apresiatif akan membuatmu bertambah maju dalam mempelajari hal-hal baru yang selama ini tidak kamu tahu.
  5. Ketahui kelebihanmu. Mengetahui kelebihan dan kelemahan diri sendiri adalah hal paling baik yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa maju. Dengan begitu, kamu akan mengetahui cara yang tepat untuk mengembangkan kelebihan dan mengatasi berbagai kekurangan.
  6. Terima tantangan. Melalui tantangan, kamu akan mencapai wilayah kepribadian yang tak pernah kamu temukan sebelumnya. Sesekali keluar dari zona aman untuk menjelajahi pengalaman baru bersama orang-orang baru akan membuatmu menjadi lebih berkembang.
  7. Komunikasi. Belajarlah untuk berkomunikasi secara efektif. Dengarkan apa yang diucapkan oleh orang lain dan fokus pada apa yang mereka inginkan darimu sehingga kamu mengetahui cara yang tepat untuk menanggapi mereka sehingga kamu dianggap sebagai orang yang cocok untuk dimintai saran dan kritik yang membangun.
  8. Jauhi Gosip. Hati-hati gosip merupakan salah satu hal yang bisa meruntuhkan karirmu. Kebiasaan suka bergosip maka kamu akan lebih mudah menemukan hambatan dalam bekerja. Untuk itu, hindari bergosip terutama dengan rekan sekantor.
  9. Santai. Menjadi orang sukses bukan berarti tidak bisa bersikap santai, Nah, kamu bisa tetap melakukan hobi yang menjadi pilihanmu dan meningkatkan kinerja serta produktivitasmu dalam lingkungan kerja.
  10. Cari kepuasan. Jika kamu kecewa dengan apa yang kamu lakukan, coba beralih pada sesuatu yang kamu sukai. Jika kamu gagal, lakukan suatu hal yang bisa membuatmu puas dan kembalilah untuk berusaha semaksimal mungkin mencapai tujuan karir yang kamu impikan.

Sumber: Lintas.me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s