Kamu Anak ke Berapa? Cek Karaktermu di Sini ya!


Pasti sering kan mendengar kalau perbedaan karakter antara anak yang satu dengan anak yang lain bisa disebabkan oleh urutan lahir. Hal ini bisa jadi karena perbedaan orang tua dalam mendidik dan memandang anak-anak mereka. Nah, untuk itu yuk kita lihat bagaimana karaktermu berdasarkan urutan lahirmu.

Anak Pertama

Anak pertama merupakan anak yang diidam-idamkan oleh orang tua sehingga kebanyakan orang tua menganggap anak pertama sebagai anak yang spesial sekaligus menjadi orang yang mampu merepresentasikan harapan kedua orang tuanya sehingga kebanyakan anak pertama memiliki sikap yang tegas, disiplin, teratur, bisa mandiri, menjadi teladan adik-adiknya, mengayomi, dan bisa memutuskan suatu hal dengan pemikirannya sendiri. Sayangnya, kebanyakan anak pertama ini akan merasa dirinya ‘berkuasa’ sehingga terkadang muncul sikap ‘bossy’, terutama pada adik-adiknya.

Anak Tengah

Anak tengah merupakan anak yang disayangi sekaligus terombang-ambing. Di satu sisi, dia dianggap lebih dimanja daripada anak pertama, namun di sisi lain dia juga dianggap lebih dewasa daripada anak bungsu. Oleh karena itu, anak kedua atau anak tengah cenderung memiliki karakter yang pemberontak, mudah membuat orang lain senang, suka mendamaikan situasi yang sedang kacau, memiliki pergaulan yang luas, memiliki banyak teman, dan sering keluar dari jalur yang dibuat oleh peraturan keluarga.

Anak Bungsu

Anak bungsu biasanya mendapatkan curahan kasih sayang tidak hanya dari orang tua, tapi juga dari seluruh kakaknya. Pada keluarga yang bahagia dan harmonis, anak bungsu akan cenderung memiliki sikap yang manja, ingin disayangi, namun hormat pada orang lain yang lebih tua dari dirinya. Sementara itu, pada keluarga yang tidak harmonis (broken home), anak bungsu biasanya bersikap manipulatif, ingin dihargai, ingin disanjung, dan manja.

Anak Tunggal

Anak tunggal memiliki sikap yang independen, mampu bertanggung jawab pada banyak hal, bebas, namun cenderung kaku untuk membuka diri pada banyak hal. Tapi, jika kamu sudah menemukan orang yang tepat untuk dijadikan sahabat, kamu akan merasa dia sahabat sepanjang hidupmu.

Sumber: lintas.me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s