Atasi Rambut Rontok Mulai Sekarang dengan 6 Makanan Ini


Masalah rambut rontok sangat rentan dialami kebanyakan perempuan. Hal ini bukan hanya menambah stress dan membuatmu khawatir tiap kali menyisir rambut, tapi juga mengurangi rasa percaya diri karena tidak dapat memaksimalkan keindahan rambut yang kamu miliki. Jangan khawatir, karena apa yang kamu makan ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan rambutmu, dan beberapa makanan ini akan membantu rambutmu terhindar dari kerontokan!

Bayam

Bayam berdaun hijau memiliki 1000 manfaat yang baik bagi kesehatan termasuk memerangi rambut rontok. Di dalamnya terdapat kandungan beta-karoten, asam folat, vitamin B, C, dan E. Selain itu, terdapat juga asam lemak omega-3, zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium yang semuanya dikenal menjaga kesehatan kulit kepala dengan meningkatkan sirkulasi minyak kulit kepala dan memperkuat folikel rambut.

Wortel

Bukan hanya baik untuk mata, wortel juga sangat baik untuk kulit kepala. Kandungan beta karoten dalam wortel akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A ini kemudian memproduksi minyak rambut alami yang dapat menutrisi akar rambut sekaligus memperkuat folikel rambut sehingga rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Makanan Kaya Silika

Silika merupakan kandungan mineral yang bisa memperkuat pembuluh darah dan memperbaiki sirkulasi darah di kulit kepala. Bukan hanya tulang dan kuku yang jadi lebih kuat, tapi juga rambutmu. Namun, jumlah silika yang terdapat dalam tubuh bisa berkurang seiring bertambahnya usia. Makanya kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral ini seperti paprika hijau dan merah, kulit mentimun, tauge, dan kentang.

Ikan

Rambut pada dasarnya terdiri dari protein sehingga makanan kaya protein pasti baik bagi kesehatan rambut. Tapi yang perlu kamu tahu, protein yang kamu konsumsi haruslah yang rendah lemak (seperti yang terdapat dalam ikan) agar kandungan testosteron tidak meningkat sehingga rambutmu jadi rontok.

Kenari

Kenari merupakan bahan alami yang paling ramah terhadap rambut, sekaligus kaya kandungan protein yang mampu mengurangi rambut rontok. Tapi jangan salah, kenari juga memiliki kandungan selenium yang bisa jadi penyebab rambut rontok, terutama jika kamu kelebihan selenium, atau bahkan kekurangan. Oleh karena itu, konsumsi kenari seperlunya tanpa berlebihan.

Telur

Telur dikenal untuk mengurangi rambut rontok karena ppengaruhnya yang besar pada perbaikan gizi. Selain tinggi asam lemak omega-6, telur juga memiliki sejumlah kandungan bergizi lain yang juga mampu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral tubuhmu yang kurang. Oleh karena itu, mengonsumsi telur atau menggunakannya sebagai masker dan kondisioner bisa jadi cara ampuh mengatasi rambut rontok.

Nah, mulai sekarang atur sedemikian rupa konsumsi makananmu, terutama yang mengandung zat besi, zinc, protein, dan silika, agar rambut rontok gak berani datang lagi.

Sumber: lintas.me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s