Sifat Dermawan Bisa Panjangkan Umur, Ini Alasannya!


dermawan

Sifat positif yang ada pada diri seseorang ternyata benar adanya mampu memperpanjang usia hidup seseorang. Selain itu juga ampuh menjaga kesehatan, hal ini terjadi karena suasana hati dan pikiran dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik.

Oleh karena itu selain berpikiran positif hal lain yang dapat memperpanjang hidup seseorang adalah memiliki sifat dermawan. Berdasar beberapa penelitian diketahui bahwa dengan menjadi dermawan maka setidaknya akan memiliki beberapa manfaat.

Sifat memberi mampu meringankan beban orang lain. Selain itu tidak akan membuat seseorang menjadi miskin. Sementara itu dilihat dari kacamata medis diketahui bahwa sifat darmawan dapat memberi manfaat seperti :

1. Menurunkan tekanan darah
Fakta ini ditemukan pada 2006 silam dimana dalam sebuah studi mampu membuktikan mereka yang suka memberi memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Hal ini bertolak belakang dengan mereka yang bisa dibilang tidak pernah memberi.

Memberi disini tidak sebatas memberikan material saja. Tapi di dalamnya termasuk memberikan dukungan sosial kepada sesama. Bisa kepada anggota keluarga, teman sebaya atau rekan kerja. Jadi jangan pernah sungkan untuk memberi dan terlibat dalam kegiatan bersama-sama.

2. Membantu mengurangi stres
Universitas Teknologi Queensland merilis sebuah fakta yang unik bahwa sifat pelit dapat membuat stres. Fakta tersebut disebarluaskan laman PLoS One. Ada baiknya mulai sekarang kurangi stres dengan lebih banyak memberi kepada orang lain.

Perlu dicatat bahwa stres adalah gejala awal atau tanda-tanda akan muncul berbagai penyakit yang lain. Penyakit kronis seperti sakit jantung dan depresi besar kemungkinan dipicu oleh stres.

3. Memperpanjang usia
Masih berdasar penelitian di Amerika Serikat diketahui bahwa kebiasaan memberi dapat memperpanjang usia seseorang. Oleh karena itu disarankan untuk tidak segan memberikan bantuan meski sifatnya sangat kecil. Menjadi satu kebahagiaamn bagi tiap individu bila ia bisa melakukan sesuatu untuk orang lain.

4. Meningkatkan mood
Bagi yang kurang bergairah mulailah dengan banyak memberi. Hal ini karena sifat dermawan dapat membuat orang lain bahagia. Kebahagiaan orang yang kita beri akan muncul dan sebagian akan menular kepada kita. Ingat sifat positif yang ada disekitar kita akan membuat kita terpengaruh dan akhirnya juga memiliki sifat positif.

Sumber: lintas.me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s