6 Cara Mencegah Kelelahan Mata Di Depan Komputer


Bagi anda yang rutin menggunakan komputer personal (PC) maupun Laptop terkadang mengalami gangguan dalam hal penglihatan dan pusing yang sering menghampiri. Efek radiasi dari layar monitor tentu saja berlangsung satu arah (dari layar ke mata), sehingga sangat berpengaruh terhadap penglihatan dan apabila berlangsung lama, maka mata akan mengkompensasi dengan gangguan penglihatan minus serta terkadang pusing, mual dan muntah. Tuntutan pekerjaan atau tugas tentu saja tidak bisa terelakkan, namun menjaga kesehatan terutama mata, tetap harus dijaga, jangan sampai mata “rusak” karena pekerjaan tersebut.
Revolusi Ilmiah - Mata mudah lelah karena berlama-lama di depan komputer

Mencegah Kelelahan Mata di Depan Komputer

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mencegah supaya tidak pusing pada saat berlama-lama di depan layar komputer.

1. Menempatkan monitor komputer sejajar dengan tubuh

Posisi monitor komputer yang baik adalah manakala sejajar dengan tubuh, terutama mata, yaitu jangan terlalu ke kanan maupun ke kiri. Dengan posisi sejajar ini harapannya adalah tubuh terasa nyaman, sehingga dengan tubuh (terutama mata) terasa nyaman maka berlama-lama di depan komputer bukan menjadi kendala yang berarti.

2. Menjaga jarak pandang dengan monitor

Jarak yang disarankan antara mata dengan monitor komputer adalah 50-100 sentimeter. Jarak itu merupakan jarak ideal yang baik guna menjaga mata supaya tidak cepat lelah dan menimbulkan pusing. Apabila dengan jarak tersebut tulisan/font dirasa kurang besar, maka tulisan bisa di setting lebih besar.
Revolusi Ilmiah - Posisi ideal untuk berkomputer

3. Mengganti monitor CRT dengan monitor LCD

Monitor tabung atau CRT memiliki efek yang kurang baik dibandingkan dengan monitor LCD, terutama untuk penglihatan. Selain efek yang kurang baik terhadap penglihatan, CRT juga membutuhkan energi yang lebih besar, sehingga dengan menggunakan LCD akan menghemat energi.

4.  Mengatur setting monitor

Pre display mode pada layar monitor sangat membantu pengguna (user) untuk menciptakan kenyamanan penggunaan. Sesuaikan level kecerahan dan sebagainya terkait dengan tampilan, dengan kenyamanan penglihatan anda, bisa jadi setiap orang memiliki settingan kenyamanan yang berbeda-beda, sehingga apabila anda ingin menggunakan komputer dalam jangka waktu relatif lama, aturlah terlebih dahulu tampilan layar komputer.

5. Mengistirahatkan mata sejenak secara berkala

Mata perlu diistirahatkan dalam jangka waktu tertentu, disarankan untuk setiap 2 jam sekali perlu mengistirahatkan mata. Cara mengistirahatkan bisa dengan berkedip-kedip, maupun berpindah posisi dan pandangan mata, entah melihat pemandangan atau mengerjakan pekerjaan ringan yang lain tanpa melihat layar monitor. Waktu istirahat minimal 5-10 menit.

6. Menggunakan kacamata anti radiasi

Kacamata anti radiasi memang relatif mahal, namun demi menjaga kesehatan mata maka sebaiknya (terkhusus kepada yang sering menggunakan komputer dalam jangka waktu lama) menggunakan kacamata tersebut. Kacamata tersebut memiliki lapisan-lapisan yang berfungsi untuk mencegah pancaran sinar radiasi dari layar komputer langsung menuju ke mata. Dengan mengurangi radiasi tentu saja menjadikan mata jauh lebih nyaman dan aman dalam melihat komputer.
Demikian 6 cara mencegah kelelahan mata di depan komputer, semoga dapat membantu Anda yang sering menggunakan komputer baik untuk pekerjaan, tugas maupun sekedar hiburan. Mencegah memang jauh lebih baik daripada mengobati. Membudayakan hidup sehat memang pada awalnya sulit, tapi kalau sudah terbiasa, akan jauh lebih mudah dan nyaman. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s