5 Alat Canggih Doraemon yang Ada di Dunia Nyata


Siapa yang ngga tau Doraemon? Kalau kamu pernah mengalami masa anak-anak di era 90-an sampai awal 2000-an, setiap hari Minggu jam 8 pagi kemungkinan besar kamu lagi nonton Doraemon.

Ingat Doraemon, pasti ingat alat-alat canggihnya yang selalu digunakan untuk menolong Nobita. Doraemon datang dari Abad 22 pakai Mesin Waktu, makanya gadget-gadgetnya memiliki kecanggihan yang sangat melampaui jamannya. Tapi tahukah kamu kalau beberapa alat canggih Doraemon telah hadir di dunia nyata? Ini dia daftar-daftarnya.

Baling-baling Bambu

Kayaknya ini termasuk gadget Doraemon paling sering dipakai. Keren sih, kamu bisa terbang pakai alat ini, meskipun kayaknya serem ya, secara cuma ditempel di kepala aja gitu. Sekarang sudah ada loh, mesin yang memiliki fungsi seperti baling-baling bambu. Namanya Copterpack. Namun sayangnya copterpack punya keterbatasan, kurang praktis dan cuma bisa beroperasi selama beberapa menit. Namun siapa tau 10-20 tahun lagi Copterpack bakal lebih dikembangkan jadi lebih praktis seperti milik Doraemon.

Konyaku Penerjemah

Doraemon dan kawan-kawan seringkali berpetualang ke luar angkasa dan ketemu Alien. Tentunya alien-alien itu nggak bicara dalam Bahasa Jepang dong? Makanya, Doraemon punya alat bernama Konyaku (agar-agar) penerjemah yang kalau dimakan bakal bikin kamu bisa bicara dan mendengarkan dalam bahasa Alien. Saat ini, layanan yang mirip-mirip pasti kamu pernah menggunakan. Ya, Google Translate. Sekarang kamu bisa merekam pembicaraan orang asing dan menerjemahkannya. Meski belum sempurna, pastinya di masa depan bakal lebih hebat lagi kemampuan Google Translate dan software penerjemah lainnya.

Alat Pembaca Mimpi

Nobita si pemalas punya hobi sewajarnya anak pemalas lain, yaitu tidur. Doraemon seriingkali pakai alat pembaca mimpi untuk melihat apa yang sedang dimimpikan oleh Nobita. Di dunia nyata, ilmuwan Amerika bernama Dr. Jack Gallant berkata bahwa nantinya sebuah gambaran visual dari aktivitas otak seseorang akan bisa direkonstruksi oleh alat yang sedang dikembangkan. Jadi nggak cuma waktu mimpi, tapi juga saat sadar kamu bisa dilihat sedang memikirkan apa. Hm, asal jangan waktu melamun jorok saja.

Printer 3 Dimensi

Di sebuah episode, Doraemon pernah keluarkan alat yang bisa mencetak miniatur seseorang, lalu miniatur itu bisa berfungsi seperti boneka Voodoo, kemudian malah diambil Suneo dan dipakai untuk menjahili Nobita. Nah saat ini meskipun nggak bisa jadi boneka voodoo, tapi alat untuk memproduksi miniatur seseorang sudah ada loh. Namanya Printer 3 Dimensi (3D Printer).

Sarung tangan super

Dijahili Giant? Bukan masalah, sarung tangan super dari Doraemon bisa bikin Nobita menjadi super kuat. Saat ini, peralatan eksoskeleton yang membuat manusia tambah kuat sudah ada, ditujukan untuk pekerjaan berat ataupun perang. Mirip-mirip Iron Man lah. Saat ini peralatan ini belum diproduksi massal dan masih dikembangkan, namun para ahli terkait bilang sih, masa depan alat ini cukup cerah.

Sumber: lintas.me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s