5 Hal yang Bikin Gaji Cepat Habis


Gajian memang saat paling membahagiakan bagi sebagian besar pekerja. Pasalnya di saat tersebut mereka dapat menikmati hasil kerja keras mereka untuk kemudian dibelanjakan guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, seringkali uang hasil gajian cepat raib bahkan hampir tidak bersisa. Biasanya hal ini terjadi karena pengaturan yang tidak baik sehingga uang tersebut banyak dibelanjakan untuk hal-hal yang tidak penting. Perhatikan beberapa hal lainnya di bawah ini yang menyebabkan gaji seseorang cepat habis.

Tidak Menentukan Prioritas

Saat menerima gaji penting yang penting untuk diperhatikan adalah membagi pendapatan menjadi beberapa bagian tertentu. Tentukan mana bagian yang lebih dahulu harus dijadikan prioritas. Misalnya, yang harus didahulukan adalah membayar cicilan rumah, maka dahulukanlah hal tersebut. Kemudian jika prioritas setelah itu adalah mebayar tagihan listrik dan air, bayarkanlah uang gaji untuk hal-hal tersebut. Seringkali gaji cepat habis akibat seseorang tidak menentukan prioritas, atau mengabaikan hal-hal yang harusnya dijadikan prioritas utama.

Tidak Menabung

Hal lainnya yang menyebabkan gaji cepat habis adalah karena tidak menyisihkan uang untuk ditabung. Sebaiknya sediakan rekening khusus untuk menabung dan jangan mencampurkan rekening tabungan dengan rekening tabungan kebutuhan sehari-hari. Hal ini akan membuat uang lebih awet dan bermanfaat karena uang tabungan kelak dapat digunakan untuk kebutuhan yang mendesak.

Tidak Berinvestasi

Investasi akan sangat bermanfaat bagi kehidupan seseorang karena sama seperti tabungan, nantinya dapat digunakan jika ada keperluan yang amat mendesak. Sikapi uang secara bijak dengan tidak membelanjakannya secara berlebihan dan mengalokasikannya untuk investasi. Investasi memiliki banyak bentuk contohnya dalam bentuk saham. Saham merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Bentuk investasi lainnya adalah investasi aset fisik seperti emas, batu permata, dan property. Potensi keuntungan dari asset-aset tersebut bervariasi namun tentunya sangat menguntungkan.

Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit menjadi salah satu penghambat yang mengganggu planning keuangan. Kartu kredit biasanya menawarkan banyak promo dan juga kemudahan untuk membayar. Namun jika ingin menghemat gaji sebaiknya tinggalkan kartu kredit di rumah saat bepergian agar kamu tidak harus membayar tagihan kartu kredit yang nantinya kemungkinan akan membengkak.

Tidak Beramal

Faktor lainnya yang membuat gaji cepat habis adalah tidak menginvestasikannya untuk beramal. Percaya atau tidak menyisihkan uang untuk beramal justru akan melipatgandakan uang yang didapat. Jangan takut kehabisan uang karena digunakan untuk beramal karena beramal justru merupakan investasi yang berlimpah manfaat.

Sumber: https://www.lintas.me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s