Selfie Sudah Ada Sejak Tahun 1800-an


Kata `Selfie` pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang aktif di jejaring sosial. Selfie memiliki arti pengambilan foto diri sendiri atau beramai-ramai melalui smartphone atau perangkat elektronik tanpa bantuan orang lain yang kemudian diunggah ke situs media sosial.

Ditilik dari sejarahnya, memotret diri sendiri dengan perangkat elektronik dilakukan pertama kali oleh seorang bernama Robert Cornelius pada tahun 1839. Selain itu BBC melaporkan Selfie sudah ada sejak awal abad 20 ketika ponsel dan internet belum ada.

Hal itu terungkap setelah ditemukan dua buah foto yang diambil di Skotlandia sekitar tahun 1900 dan 1950-an. Foto tersebut kini menjadi koleksi komisi pengarsipan Royal Commission on the Ancient and Historical Monuments of Scotland (RCAHMS).

Muncul di Awal Masa Fotografi

https://i0.wp.com/cdn.production.liputan6.com/medias/649380/big/selfie%203.jpg

Foto yang diambil pada tahun 1907 di Naim, Skotlandia itu menggambarkan seorang anak laki-laki menggunakan cermin untuk memotret dirinya sendiri. Lalu foto kedua yang juga menggunakan cermin diambil di sebuah rumah di kawasan Broughty Ferry.

“Teknologi mungkin telah berubah, tapi Selfie sudah ada lumayan lama,” kata James Crawford selaku Manajer Komunikasi RCAHMS, seperti dikutip dari laman BBC. Ia menyebut, bila melihat arsip-arsip sejarah, mulai dari lukisan hingga masa awal fotografi, jelas terlihat bahwa orang-orang selalu tertarik untuk merekam dan berbagi potret diri.

Fenomena yang telah lama ada sejak masa-masa awal fotografi ini kemudian semakin meluas dengan merebaknya media sosial dan perangkat mobile berkamera. Bahkan saking seringnya digunakan, sampai-sampai kata Selfie dimasukkan ke dalam kamus bahasa Inggris Oxford pada November 2013.

Sumber: http://oppo.liputan6.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s