9 Aplikasi Pilihan: Dari Game Edukasi, Trainer Pribadi, Sampai Aplikasi bagi Penderita Insomnia


Banyak pemilik smartphone yang merasa bingung dalam memutuskan aplikasi apa yang seharusnya mereka download dan gunakan. Banyaknya aplikasi yang tersedia di markerplacejuga menjadi salah satu hal yang membuat para pengguna smartphone baik itu Android, iOS, maupun Windows terlalu pusing untuk memilih.

Untuk itu, CHIP menghadirkan beberapa aplikasi pilihan yang mungkin dapat membantu menyempurnakan fungsi smartphone kesayangan Anda. Berikut ini beberapa aplikasi pilihan CHIP yang sudah dikelompokan berdasarkan platform yang ada seperti Android, iOS, dan Windows. Selamat mencoba!

Aplikasi Android

1. Snapseed

Tidak semua foto yang Anda jepret melalui smartphone atau tablet berkamera memuaskan Anda. Bisa saja ada beberapa foto yang cahayanya terlalu berlebih atau gelap karena background-nya terlalu terang. Apabila Anda mendapatkan foto-foto seperti ini, Anda tidak perlu khawatir. Melalui sebuah aplikasi khusus, Anda bisa menyempurnakan kekurangan yang ada di foto sehingga foto tampil lebih menarik.

Snapseed 1.60 bisa menjadi solusi untuk masalah tadi. Download dari Google Play Store dan jalankan di perangkat Android Anda. Penjelasan tentang fungsi-fungsi yang ada di aplikasi ini akan Anda dapatkan saat membuka aplikasi ini untuk pertama kalinya.

Buka salah satu foto yang Anda miliki dari “Gallery”. Foto akan diletakkan di lembar kerja. Selanjutnya, melalui tool-tool yang ada di bagian kiri, Anda bisa bereksperimen dengan foto tersebut.AutoCorrect, Selective Adjust, Tune Image, Rotate, Detail, Crop, Black and White, Frames, dan masih banyak tool lainnya bisa Anda manfaatkan untuk menyempurnakan foto.

Kesimpulan: Aplikasi untuk mengedit foto-foto Anda yang memiliki beberapa kekurangan di dalamnya. Tool yang ada cukup mudah digunakan dan hasilnya bagus. Hasil edit juga bisa di komparasi dengan keadaan foto sebelum diedit.

2. ABC kids reading

Kata-kata dalam bahasa Inggris terkadang susah dipelajari oleh anak-anak. Inilah yang diperhatikan oleh pengembang aplikasi Kids Reading. Melalui sebuah game kecil, anak-anak dapat diajari cara pengucapan setiap huruf dengan mudah dalam sebuah kata-kata sederhana.

Kata-kata dalam permainan ini ditampilkan dengan sebuah animasi menarik. Contohnya kata “Run” yang digambarkan dengan sebuah hewan yang sedang berjalan. Anda dapat men-tap setiap huruf yang ada dalam kata tersebut. Aplikasi akan memberkan bunyi yang mudah dimengerti dari setiap huruf tersebut sehingga anak-anak dapat menangkapnya dengan mudah.

Selain belajar membaca, aplikasi ini juga memiliki permainan tebak kata yang disinkronkan dengan gambar. Anda cukup memilih kata-kata yang berhubungan dengan gambar yang tampil. Ada juga permainan tebak huruf dalam sebuah kata. Anda cukup mencari satu huruf yang hilang dalam sebuah kata.

Kesimpulan: Edukasi ringan untuk anak-anak untuk mengucapkan setiap kata-kata dalam bahasa Inggris. Penyampaian aplikasi ini cukup informatif karena memiliki animasi-animasi menarik dalam setiap permainan yang ada di dalamnya.

      

3. Cam Scanner

Apakah Anda memiliki banyak dokumen dalam bentuk image? Coba gunakan aplikasi ini untuk men-scan image tersebut sehingga dapat disimpan dalam sebuah dokumen PDF yang dapat diedit dan di-share.

Download aplikasi ini dari Google Playstore. Versi trial-nya diberikan dengan gratis. Namun, untuk mendapatkan semua fungsi Anda harus meregistrasikan aplikasi ini dan membayar dengan biaya tertentu. Fungsi yang diberikan dapat memudahkan Anda untuk menangkap setiap gambar yang ada. Aplikasi ini akan mengambil gambar melalui sebuah kamera atau mengambil langsung dari Gallery. Tidak usah khawatir objek yang ditengkap tidak lurus. Aplikasi ini akan mengoreksinya de­ngan cepat. Selanjutnya, melalui sebuah fungsi edit, Anda bisa mengedit isinya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan catatan-catatan khusus di dalamnya.

Kesimpulan: Aplikasi sederhana dengan fungsi OCR sehingga dapat mengambil gambar dan mengedit teks yang ada di dalamnya. Aplikasi ini juga memiliki fungsi share untuk berbagi dokumen.

Aplikasi iOS

1. SLEEPGENIUS

Jakarta termasuk salah satu kota paling sibuk di dunia. Hal ini dikarenakan banyak penduduknya yang ekstra sibuk beraktivitas pagi, siang, sore, hingga malam. Untuk Anda yang sudah terbiasa dengan kesibukan ekstra dan sering mengalami kesulitan saat hendak tidur, ada satu aplikasi iOS sederhana yang bisa dicoba, yaitu SleepGenius.

Aplikasi ini dibuat oleh para ahli dan bahkan diciptakan untuk membantu mereka yang sulit beristirahat. SleepGenius bekerja secara sederhana, yaitu dengan cara memutar alunan musik khusus yang memang dirancang untuk membantuk otak berelaksasi. Caranya yakni dengan menekan tombol Begin Sleep, lalu alunan musik akan segera terdengar. Durasi musik bisa diatur antara 90 menit, 180 menit, atau terus-menerus hingga Anda bangun.

Namun sebelum tidur, jangan lupa mengaktifkan alarm agar jadwal kegiatan Anda tetap terlaksana dengan baik. Sebenarnya, ada fungsi lain yang ditawarkan oleh SleepGenius. Untuk mendapatkan performa maksimal dari aplikasi ini Anda harus meng-upgrade-nya menjadi versi premium seharga Rp59.000. Setelah itu, Anda bisa mendapat jenis musik baru, mengaktifkan program relaksasi, hingga melihat catatan waktu tidur.

Kesimpulan: Aplikasi ini membantu Anda untuk untuk merelaksasikan diri di sela-sela hari yang padat. Jika Anda orang yang termasuk susah tidur, aplikasi ini wajib ada di smartphone Anda.

 

2. HIDE BY WATCH_DOGS

Menyemarakkan peluncuran game bertema hacking berjudul Watch Dogs, Ubisoft juga merilis sebuah aplikasi pendukung bernama HIDE by W_D untuk platform iOS dan juga Android. Aplikasi ini sifatnya hanya hiburan semata dengan tujuan utama untuk menyamarkan identitas Anda agar tidak mudah diretas. Beberapa fungsi yang bisa Anda dapatkan yakni menyamarkan foto diri yang biasanya digunakan sebagai gambar profil pada media sosial Facebook, menyamarkan pesan suara, dan menyamarkan pesan teks.

Untuk menyamarkan foto bisa dilakukan melalui menu H_identity dimana foto profil Facebook Anda disamarkan setengahnya menjadi piksel buram. Foto tersebut bisa disimpan ke dalam galeri foto. Selanjutnya, Anda bisa menyamarkan suara yang terlebih dahulu direkam dengan menambahkan efek suara seperti robot.

Sayangnya, hasil suara tersebut hanya bisa dikirim melalui SMS saja, tidak  bisa melalui media sosial atau aplikasi chat. Yang terakhir yaitu menyamarkan teks atau gambar dengan mengenkripsinya menjadi campuran huruf acak atau simbol dan dapat dikirim melalui SMS, Facebook, atau Twitter. Untuk membaca pesan tersebut, Anda harus menggunakan aplikasi ini.

Kesimpulan: Aplikasi ini mungkin berguna bagi Anda yang pemalu, tapi pastikan seluruh media sosial yang Anda gunakan terintegrasi melalui sms di smartphone Anda.

 

3. FITNESS BUDDY

Fitness adalah salah satu olah raga yang bisa dilakukan di mana saja, baik de­ngan maupun tanpa alat bantu. Namun, untuk hasil optimal, tentu akan lebih baik jika menggunakan alat bantu. Sayangnya, Anda tak bisa menggunakan alat bantu seenaknya saja, karena jika digunakan dengan cara yang salah, hasilnya bisa mencederai tubuh Anda sendiri. Untuk itulah diperlukan personal trainer, dalam hal ini berwujud aplikasi pembantu bernama Fitness Buddy.
Melalui aplikasi ini, Anda bisa menentukan pola latihan dengan memfokuskan pembentukan bagian-bagian tubuh tertentu. Cara latihan disajikan de­ngan baik dan detail dalam bentuk gambar GIF yang dapat bergerak yang disertai dengan keterangan yang lengkap.
Petunjuk latihannya dibagi berdasarkan bagian tubuh, mulai dari perut, tubuh bagian bawah, bahu, punggung, lengan, hingga latihan khusus seperti cardio maupun pemanasan dan pendinginan. Jika ingin mendapatkan jenis latihan lebih banyak lagi, Anda bisa meng-upgrade menjadi versi premium seharga Rp23.000. Tak hanya cara latihan, Anda juga akan diajarkan anatomi tubuh manusia, khususnya bagian otot.
Kesimpulan: Bagi Para penggiat Fitness atau Body Building, aplikasi ini sangat membantu. Menentukan pola maupun porsi latihan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimalkan.

Aplikasi Windows

1. OneLens

Aplikasi fotografi di Windows Phone 8 yang menawarkan lebih dari 30 buah filter berbeda yang dapat dicoba. Ada dua cara menikmati beragam filter tadi, yakni menggunakan kamera internal di dalam OneLens atau menggunakannya pada gambar yang telah tersimpan di dalam smartphone Anda. Sebagai informasi, OneLens sanggup mengedit hasil foto Anda hingga foto yang berkapasitas 38 MB.
Saat membuka OneLens, Anda akan diberikan tampilan viewfinder kamera yang memiliki kontrol untuk mengubah flash, efek black & white, tombol shutter, tampilan gridline, dan tombol switch ke kamera depan. Ketika Anda memilih sebuah filter, efeknya akan langsung tercermin pada tampilanviewfinder. Sehingga Anda dapat melihat sendiri bedanya. Seperti disebutkan di awal, OneLens memiliki 30 buah filter. Namun, hanya 10 buah yang dapat dinikmati secara gratis.
Selebihnya? Anda harus merogoh kocek mulai dari US$0,99 hingga US$1,99. Setelah selesai memilihkan filter yang pas untuk foto, Anda juga dapat menambahkan lokasi pengambilan gambar pada foto tersebut.
Kesimpulan:  Tak butuh lagi software didalam komputer, dan tidak perlu repot lagi untuk memindahkan dari handphone melalui cardreader ke PC Anda.
Siapa yang tak gemar bernyanyi? Baik melalui sarana tempat karaoke atau di studio, menyanyi telah menjadi media terbaik untuk meluapkan emosi. Ingin bernyanyi dengan lirik yang muncul dari smartphone Windows Phone? Coba aplikasi bernama musiXmatch lyrics player. Aplikasi yang juga muncul di Android dan iOS ini adalah teman terbaik Anda untuk berkaraoke. Pasalnya, musiXmatch sanggup menampilkan lirik dari sebuah lagu secara otomatis dengan bantuan jaringan Internet. Bahkan, pengembangnya juga menjamin lirik akan tetap muncul meskipun koneksi di smartphone Anda hanya Edge.
Anda dapat mengatur tampilan lirik dalam dua mode. Mode pertama, lirik akan ditampilkan dalam bentuk per kalimat yang akan berganti sesuai dengan ucapan sang penyanyi di dalam lagu. Mode kedua, lirik akan ditampilkan secara penuh, tetapi akan menonjolkan kalimat yang sedang dinyanyikan.
Selain menampilkan lirik, musiXmatch juga dapat memberi informasi tambahan seputar lagu yang sedang Anda dengarkan. Informasi tersebut antara lain judul lagu, penyanyi, biografi sang penyanyi, dan masih banyak lagi. Anda juga dapat berbagi lagu yang sedang didengarkan dengan dukungan integrasi Facebook dan Twitter. Selain kedua media sosial populer tersebut, Anda juga dapat berbagi melalui sms dan e-mail.
Dalam website resminya (http://www.musixmatch.com), sang pengembang mengklaim bahwa aplikasi musiXmatch memiliki lebih dari 7,3 juta lirik lagu. Tentunya lirik-lirik tersebut didapatkan secara legal, jadi Anda tak perlu khawatir mengenai keamanannya. CHIP sempat mencoba aplikasi ini untuk beberapa lagu dari Indonesia seperti Dewa 19 dan Sheila On 7. Hasilnya pun cukup memuaskan.
Kesimpulan: Anda bisa melakukan segala hal yang berurusan dengan music, bagi Anda yang kurang hafal tentang lagu, aplikasi ini bisa membantu Anda.

Developer berbasis Windows Phone pasti akan menggemari aplikasi yang satu ini. Pasalnya, aplikasi bernama #wpdev ini diciptakan untuk memudahkan pekerjaan para developer. Aplikasi yang dikembangkan Microsoft ini berisikan beragam informasi resmi terkait pengembangan aplikasi berbasis Windows Phone.

Dengan #wpdev, developer memiliki akses informasi terbaru, bahan pelatihan, posting blog seputar pengembangan aplikasi, dan sebagainya. Developer juga bisa menemukan kontak partner Microsoft yang telah terpercaya untuk diajak bekerja sama.

Selain itu, developer dapat saling berkontak dengan spokesperson Microsoft yang kontak dan account media sosialnya tersedia di dalam #wpdev. Penasar­an dengan kepanjangan dari kata “wpdev”? Dari website resminya (http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/wpdev/4ef4e466-4d7f-4ce8-abb0-7cdac4540c5c), kata itu memiliki singkatan Windows Platform Developers.

Kesimpulan: Dengan alat ini Anda para developer tidak akan repot lagi untuk megatur berbagai macam hal termasuk hal baru yang langsung terkoneksi dengan smartphone Anda.

Sumber : Chip.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s