Kenali Gejala Leukemia Pada Anak


Jakarta – Kanker yang menyerang anak-anak umumnya sulit dideteksi sejak dini. Lantaran itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui dan mewaspadai gejala kanker pada anak.

“Setiap tahunnya, ada sekitar 41.000 kasus baru terkait kanker anak. Dari jumlah tersebut, mayoritasnya adalah leukemia,” kata dr. Edi Tehuteru, Sp.A (K), dokter spesialis anak Rumah Sakit Kanker Dharmais, di Jakarta, Selasa (19/8).

Ilustrasi anak pengidap kanker

Dalam kasus kanker darah atau leukimia itu, kata Edi, bila kadar eritrosit dalam darah rendah maka anak akan terlihat pucat. Selain itu, anak sering mengalami demam tanpa diketahui penyebabnya akibat kadar leukosit di dalam darah yang rendah. Anak juga mengalami perdarahan seperti perdarahan kulit, gusi, atau mimisan akibat kadar trombosit di dalam darah yang rendah.

“Bila dijumpai ketiga gejala ini atau paling tidak dua di antaranya, seorang anak dapat dicurigai terkena Leukemia,” ujarnya.

Selain gejala-gejala tersebut, dapat juga dijumpai gejala lainnya sebagai akibat dari penyebaran sel kanker ke organ-organ lain dalam tubuh. Di antaranya kejang, pembengkakan gusi, nyeri tulang, perut terlihat membesar, dan testis tampak membesar dan keras.

“Kondisi ini patut diwaspadai dan sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk mengkonfirmasi apakah gejala tersebut pertanda leukemia atau karena penyakit lain,” ujarnya.

“Semakin dini dan cepat seorang anak yang terkena kanker ditangani, semakin besar kemungkinannya untuk sembuh.”

Sumber : beritasatu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s