4 Cara Jitu Hadapi Anak Bandel


Apakah Bunda memiliki anak bandel dan sulit diatur? Jika ya, jangan dulu berputus asa untuk menghadapinya. Anak yang bandel memang seringkali membuat Bunda kesal dan bingung menghadapinya. Namun, Bunda harus bisa memakluminya karena mereka bisa saja sedang berusaha untuk mendapatkan perhatian Bunda. Hal yang perlu Bunda lakukan adalah memahami mereka dan melakukan hal-hal di bawah ini.

 

Berikan Perhatian Ekstra

Anak-anak biasanya ingin untuk selalu diperhatikan dan dicintai, tidak peduli apapun yang mereka lakukan sang Bunda harus selalu memperhatikan mereka. Mereka terkadang melakukan hal-hal konyol untuk membuat Bunda tersenyum.

Namun seringkali mereka malah melakukan hal-hal aneh yang mengesalkan seperti mencorat-coret tembok, atau memecahkan barang-barang dapur milik Bunda. Hal ini sudah pasti membuat Bunda kesal dan senewen. Tapi jangan membentak mereka dengan kasar. Bunda boleh memarahi mereka dengan wajar.

Jangan menggunakan kata-kata kasar karena perilaku ini di kemudian hari akan ditiru oleh mereka. Selain itu selalu berikan mereka perhatian ekstra agar mereka tidak melakukan hal-hal mengesalkan untuk menggaet perhatian Bunda.

Berikan Hadiah pada Mereka

Setiap orang pasti senang jika diberi hadiah. Begitu pun halnya dengan anak-anak. Bahkan bisa dibilang anak-anak selalu haus akan hadiah. Anak yang bandel sekalipun akan luluh jika diberi hadiah yang ia sukai.

Bunda bisa memberi mereka mainan, boneka, atau coklat untuk menyenangkan hati anak Bunda. Hal ini akan meluluhkan perilaku nakalnya. Selain itu, Bunda bisa mengajak mereka untuk pergi ke bioskop menonton film animasi yang sedang ramai diperbincangkan orang agar sang buah hati senang.

Biarkan Sang Buah Hati Membantu

Di saat Bunda sedang sibuk mengerjakan pekerjaan rumah seringkali sang buah hati malah merecoki pekerjaan Bunda. Bunda harus menyadari bahwa mereka melakukan hal itu karena mereka ingin membantu dan meniru apa yang Bunda lakukan.

Tapi karena mereka masih terlalu kecil untuk mengerjakannya, mereka akhirnya malah membuat kekacauan. Hal yang harus Bunda lakukan adalah mengajari mereka hingga mereka mengerti cara melakukan pekerjaan rumah yang Bunda tugaskan.

Libatkan mereka dan beri mereka pekerjaan rumah sederhana seperti mengelap meja atau menyapu lantai. Kegiatan ini akan membuat mereka sibuk sehingga mengalihkan perhatian mereka dari aktivitas yang tidak penting.

Berteman dengan Anak

Jika Bunda ingin mengubah perilaku nakal anak agar menjadi baik, maka berperanlah seperti teman mereka. Kata-kata kasar serta hukuman terkadang malah akan membuat anak menjadi bebal dank eras kepala. Maka berperanlah selayaknya teman mereka.

Bermain atau menceritakan cerita/dongeng anak adalah contoh aktivitas yang bisa Bunda habiskan dengan sang anak. Ketika anak sudah merasa nyaman dan menganggap Bunda sebagai “temannya” maka mereka akan mendengarkan nasihat Bunda. Selamat berjuang Bunda Gladis!

Sumber : lintas.me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s