Fakta Tentang Khasiat Air Kelapa


Fakta Tentang Khasiat Air Kelapa

Tak hanya mitos, air kelapa memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, beirkut diantaranya.

Memberi manfaat setara susu sapi. Kandungan protein air kelapa muda 0,2 g/100 g, sementara pada susu sapi 3,2 g/100 g. Semua protein hewani (kecuali gelatin) adalah protein lengkap, mengandung semua asam amino esensial. Susu sapi pastinya mengandung asam amino esensial lebih lengkap daripada air kelapa. Asam amino esensial sendiri adalah asam amino yang mutlak diperlukan tubuh, namun tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh. Jadi harus berasal dari luar. Yang termasuk asam amino esensial seperti lisin, leusin, isoleusin, treonin, triptofan, fenilalanin, valin, metionin, dan histidin . Pada air kelapa, kandungan asam amino arginin 12,75 %, alanin 2,41 % , sistein (1,17 %), serin (0,91 %) yang memang kandungannya lebih tinggi daripada susu sapi. Tapi keempat asam amino tersebut bukanlah asam amino esensial. Inilah perbedaannya. Sedang asam amino lain yang terdapat dalam air kelapa adalah; glutamin, histidin, fenilalanin, tirosin, leusin, lisin, tirosin, dan histidin. Glutamin adalah asam amino tertinggi pada air kelapa.

Membuat kulit bayinya bersih saat dilahirkan. Air kelapa memang mengandung beragam vitamin. Diantaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Vitamin C sendiri berfungsi sebagai antioksidan, pemeliharaan kulit, dan membantu pembentukan jaringan kolagen. Kolagen sendiri sangat dibutuhkan untuk integritas struktur sel di semua jaringan ikat, juga untuk kelenturan serta kekenyalan kulit. “Jadi, vitamin C dan kolagen yang terdapat pada air kelapa yang diminum oleh seorang ibu yang sedang hamil, bisa membantu menjadikan kulit bayi menjadi lebih bersih dan kenyal,” terang dr. Endang Peddyawati, MS, SpGK., spesialis gizi klinik dari RSUP Persahabatan, Jakarta.

Membuat badan jadi lemas. Pada tahun 2000, FAO (lembaga pangan dunia) bahkan menobatkan air kelapa sebagai minuman energi alami. Selain itu, air kelapa memang mengandung cairan isotonik, serupa dengan komposisi elektrolit dan cairan dalam tubuh yang bisa mengurangi efek dehidrasi karena berkurangnya cairan tubuh. Jadi, air kelapa tidak akan membuat badan Anda jadi lemas, apalagi karena air kelapa mengandung karbohidrat, asam amino, vitamin, dan ion yang mampu memberi energi bagi tubuh Anda.

Mengurangi efek alkohol. Minuman beralkohol yang masuk ke dalam lambung memang bisa dikeluarkan dengan cara minum air kelapa untuk membuat muntah (karena air kelapa bisa berfungsi sebagai antidotum atau penawar zat-zat tertentu). Air kelapa juga bisa mengencerkan kadar minuman keras, hingga efeknya menjadi lemah. Tapi bila minuman keras tersebut sudah merasuk ke dalam jaringan -apalagi bila sudah menimbulkan kerusakan jaringan yang sifatnya permanen- maka konsumsi air kelapa sama sekali tidak ada manfaatnya.

Memecahkan batu ginjal dan mengeluarkannya. Suatu penelitian pernah dilakukan pada pasien dengan batu ginjal. Ternyata air kelapa yang berfungsi sebagai diuretik ini dapat mengeluarkan batu ginjal pada pasien tersebut. “Tentunya batu tersebut berukuran sangat kecil,” terang dr. Peddy. Tapi jika batunya sudah lebih besar dari saluran kencing, air kelapa tidak bisa Anda andalkan.

Menurunkan demam dan menaikkan trombosit penderita DBD. “Sebagaimana penyakit lain yang disebabkan oleh virus, demam berdarah berkaitan dengan daya tahan tubuh,” tegas dr. Peddy. Bagi penderita demam dengue yang terpenting mencegah terjadinya syok dengan menjaga cairan tubuh, baik dengan minum atau dengan infus. Tergantung dari kondisi pasien. Air kelapa diperlukan karena mempunyai kandungan seperti cairan isotonis tubuh (tapi bukan untuk menaikkan trombosit). Trombosit akan naik sejalan dengan proses penyembuhan.

Mencegah dehidrasi. Kekurangan cairanakan menyebabkan terjadinya dehidrasi yang bisa berakibat fatal (terutama pada bayi). Pada keadaan demikian, pemberian air putih saja tidak cukup. Demikian juga pada keadaan kehilangan cairan karena olahraga (banyak keringat keluar). Diperlukan elektrolit. Air kelapa yang kaya kandungan elektrolit, bisa menolong Anda dari dehidrasi

Memperbaiki sistem imunitas. Sistem imun dibentuk antara lain dari protein. Dengan kandungan protein rendah, maka kemungkinan untuk dapat membentuk antibody juga rendah. Air kelapa mengandung asam laurat yang merupakan  zat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Dalam jumlah kecil air kelapa juga mengandung glutamin dan arginin yang mampu membantu melawan virus. “Jadi air kelapa juga bisa Anda andalkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh,” tutur dr. Peddy.

Menetralisir racun. Air kelapa memang mengandung antidotum tapi tidak untuk semua jenis racun. Air kelapa dapat membantu mengeluarkan racun jika masih terdapat dalam lambung dengan cara memuntahkan atau membilasnya. Bila racun tersebut sudah telanjur menyelusup ke dalam darah, pemberian air kelapa hanya akan membantu mengencerkannya, sehingga bisa dikeluarkan melalui ginjal.

Sumber: menshealth.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s