Awas! 5 Cairan ini Bisa Membuat Gigi Kamu Kuning


Gigi dalam mulut kita berfungsi untuk mengunyah dan menghaluskan makanan yang kita makan. Selain befungsi untuk menghaluskan makanan gigi juga menjadi daya tarik seseorang, karena senyuman dengan gigi yang sehat, bersih dan putih dapat menambah rasa percaya diri kita saat bertemu banyak orang.

Namun tidak semua orang memiliki kesehatan gigi yang baik, memiliki gigi yang putih dan juga bersih. Hal tersebut dikarenakan pengaruh gaya hidup seperti makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Berikut 5 cairan yang bisa menyebabkan gigi kamu kuning :

1. Kopi

Bagi kamu yang hobi minum kopi harap berhati-hati karena kopi dapat menyebabkan karang gigi dan membuat gigi kuning bila dimunum dalam jumlah yang berlebihan.

2. Teh

Minum teh memang sangat baik karena teh memiliki zat yang bermanfaat untuk tubuh sebagai penangkal radikal bebas penyebab kanker. Namun tahukah kamu kalau teh lebih mudah meninggalkan noda dibanding kopi karena teh memiliki kandungan tanin. Jadi sebaiknya jika kamu ingin meminum teh buatlah tidak terlalu kental.

3. Wine

Jika noda bekas red wine di baju atau kain sulit dihilangkan maka jangan heran bila minuman yang satu ini dapat membuat gigi kamu menguning. Pasalanya wine memiliki kandungan asam, tanin, dan chromogen.

Berdasarkan penelitian Johannes Gutenberg University, Jerman. Efek lebih buruk bahkan ada pada white wine karena white wine dapat mempercepat mengikisan lapisan gigi.

4. Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga memiliki kandungan asam dan chromogens yang cukup tinggi sehingga dapat meninggalkan noda pada gigi. Selain itu jika minuman ini terlalu lama didalam mulut dapat merusak email gigi, membuat gigi keropos dan berlubang.

Jadi sebaiknya janganlah terlalu sering meminum minuman bersoda ya…!

5. Soy Sauce

Buat kamu yang hobi dengan makanan Jepang seperti sushi juga harus hati-hati. Karena penggunaan soy sauce dapat mengubah warna gigi kamu, selain itu kandungan asam dan sodiumnya yang tinggi dapat merusak permukaan luar gigi dan membuat gigi rapuh!

6. Saus Tomat

Tomat memiliki warna alami yang dapat meninggalkan noda di gigi. Dan jika tomat sudah diolah menjadi saus dengan tambahan zat pewarna dan zat-zat lainnya maka hal tersebut akan memperparah noda dan merusak gigi kamu.

Sumber: lintas.me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s