7 Rahasia Sukses Berwirausaha yang Bisa Dipelajari dari Jack MA


jack ma

Apakah Anda tahu siapa Jack MA? Ya, beliau adalah mantan Presiden dan juga CEO Alibaba Group. Dimana Alibaba Group ini adalah sebuah perusahaan yang mempunyai misi untuk memudahkan seseorang dalam melakukan jual beli dimana saja diseluruh dunia. Beliau membagikan pengalamannya selama menjalankan bisnisnya dari awal hingga bagaimana proses menjalankan sebuah bisnis yang mungkin bisa menginspirasi Anda untuk mengelola bisnis yang sedang Anda jalankan sekarang. Berikut 7 kiat-kiat sukses yang pernah menjadi pengalaman Jack MA dalam menjalankan bisnis-bisnisnya.

  1. Mengetahui apa yang menjadi pilihan Anda

Jack MA memulai bisnisnya pada tahun 1992, bisnis yang dijalankannya adalah sebuah Pusat Penerjemahan Bahasa. Pada awalanya bisnis yang dijalankannya itu tidak berjalan dengan mulus. Setelah berjalan selama 3 bulan, lalu beliau menjalankan bisnis baru yaitu jualan bunga dan souvenir, beliau memanfaatkan usaha barunya tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan agar dapat mengcover biaya sewa tempat usaha penerjemahan bahasanya. Namun seiring berjalannya waktu beliau mendapat keuntungan yang lebih ketika menjalankan bisnis souvenirnya tersebut dibandingkan menjalankan bisnis Pusat Terjemahan Bahasa miliknya. Ini yang membuat beliau harus berjuang untuk menentukan sikap. Apakah harus menghentikan bisnis Terjemahan Bahasa dan mungkin mulai fokus untuk berjualan souvenir. Namun pada akhirnya pilihan bisnis yang beliau ambil adalah tetap menjalankan bisnis Pusat Terejmahan Bahasa. Alasannya adalah, bisnis ini yang diinginkan oleh Jack MA pada awalnya, yaitu membangun sebuah startup Pusat Terjemahan Bahasa. Selain itu juga bisnis Terjemahan Bahasa tersebut merupakan permintaan dari pasar yang cukup tinggi pada saat itu.

Pada nantinya Anda sebagai pengusaha, akan menemukan berbagai macam kesempatan peluang bisnis yang menjanjikan. Namun Anda juga harus tahu bagaimana bisa mengambil keputusan yang tepat untuk menjalankan bisnis yang tepat pula.

  1. Bisnis kecil tetap harus mempunyai sistem yang baik

Jack MA pernah mengalami kerugian yang disebabkan oleh karyawannya sendiri. Pendapatan bisnis bulanannya yang diterima tidak sesuai dengan perhitungan awalnya. Setelah ditelusuri ternyata sebagian pendapatan dari bisnisnya tersebut telah dicuri oleh pegawainya sendiri. Kenapa bisa sampai karyawannya melakukan hal demikian? Beliau menjawab, “ini adalah kesalahan kita sendiri”. “Sebuah sistem yang buruk maka akan mengubah karyawan yang baik menjadi buruk”, paparnya. Kadangkala sebuah startup selalu menginginkan bisnisnya bisa tumbuh dan berkembang cepat. Namun, kenyataannya mereka sering melupakan sistem atau manajemen didalamnya. Sebuah bisnis yang terbilang masih kecil dan baru berjalan tanpa menggunakan sistem yang baik, maka akan membuat bisnis tersebut menjadi buruk pada awalnya.

  1. Tetap berusaha untuk menjadi ‘besar’

Sebelumnya Jack MA pergi ke AS dan kemudian kembali ke China untuk menjalankan bisnis internetnya yang bernama China Yellowpages, merupakan bisnis yang berbasiskan internet pertama di China.

Ditahun 1995 menjalankan sebuah bisnis internet terbilang cukup sulit. Karena pada saat itu orang-orang masih belum begitu banyak yang mengenal internet. Jack MA pernah mengundang beberapa rekannya untuk memberitahukan tentang potensi bisnis internet kedepannya. Setelah beliau menjelaskan panjang lebar hingga memakan waktu 2 jam lebih, rekan-rekannya yang telah diundang itu tetap saja masih belum ada yang mengerti. Hingga akhirnya salah seorang rekannya ada yang setuju untuk menjalankan bisnis internet yang telah disampaikan oleh Jack MA tersebut, dan menyarankan beliau untuk mencobanya.

  1. “Gajah tidak bisa membunuh semut”

China Yellowpages yang dikelola oleh Jack MA bersaing dengan China Telecom. Modalnya pada saat itu yang hanya 50.000 yuan bersaing dengan China Telecom sebesar 240 juta yuan.

Namun pada akhirnya China Yellowpages mampu bersaing dengan China Telecom. Menurut Jack MA, jangan pernah takut dengan perusahaan-perusahaan serupa yang lebih besar dengan yang Anda kelola saat ini. Berprinsiplah bahwa “Gajah tidak bisa membunuh semut”. Hal ini yang dikemukakan oleh Jack MA, tidak perlu mengetahui kelemahan lawan bisnis Anda, yang diperlukan hanyalah strategi dan pemasaran yang baik jika ingin mengalahkan atau sejajar dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya. Hingga akhirnya perusahaan China Yellowpages yang dikelola oleh Jack MA bisa bekerjasama dengan China Telecom bermodal patungan.

  1. Berperanlah layaknya seorang karyawan

Jack MA mendirikan perusahaan ketiganya yang bernama Cofortune Teknologi Informasi, yang dimana beliau menjadi pimpinannya bersama pimpinan-pimpinan lainnya. Perusahaan ketiganya ini sukses besar dengan keuntungan mencapai 2,9 juta yuan dalam waktu 14 bulan saja. Namun seiring berjalannya waktu Jack MA dan pimpinan yang lainnya mempunyai perbedaan pendapat. Jack berkeyakinan bahwa bisnis internet masa depan adalah E-commerce. Akan tetapi pimpinan lainnya tidak setuju dengan pendapat yang dikemukakan oleh Jack. Sehingga pada akhirnya beliau keluar dari perusahaannya tersebut. Dari sinilah awal mula berdirinya Alibaba. Jack MA mengungkapkan, ketika kita berbeda pendapat dengan seorang pemimpin, namun ternyata pemimpin adalah sosok yang selalu benar, kita tidak bisa mengubahnya itu. Maka yang harus diubah adalah sikap kita. Itulah alasannya Jack MA keluar dari perusahaannya sendiri dan merintis perusahaan baru mulai dari nol lagi, sesuai dengan apa yang diyakininya.

  1. Anda orang tuanya dan Investor adalah paman bisnis Anda

Alibaba menerima investasi dari Son Masayoshi, yang merupakan orang terkaya kedua di Jepang. Jack MA mengatakan tetaplah selalu menunjukkan rasa hormat kepada seorang Investor. Meskipun sebenarnya bisa dikatakan kedudukan pemilik usaha dan pihak investor adalah sama.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda pelajari ketika berhadapan dengan investor menurut Jack MA.

“Perlu diingat, posisi Anda sebagai seorang pemilik bisnis dengan investor, kedudukannya adalah sama. Jika investor bertanya kepada Anda sejumlah 100 pertanyaan, paling tidak Anda juga bisa mengajukan 99 pertanyaan.”

“Saling percaya dan bisa memahami kedudukan masing-masing. Harus saling berkomunikasi jika nantinya terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.”

“Kedua belah pihak harus saling menyetujui perjanjian dan kesepakatan dari awal.”

“Komunikasi dengan pihak investor sangat penting, anggaplah bahwa investor adalah paman Anda. Dimana pada kenyataannya seorang paman bisa menjadi seperti orang tua yang mana, sewaktu-waktu bisa saja memberi pengertian dan nasihat. Ingat, Investor hadir untuk mengembangkan bisnis Anda bukan untuk menyelamatkan bisnis Anda.”

“Hal yang mungkin perlu dipahami ketika Anda mengajukan dana tambahan kepada investor, jangan lakukan pada saat kondisi perusahaan Anda sedang kekurangan dana atau mengalami kerugian. Tapi ajukanlah dana tambahan ketika perusahaan Anda mengalami perkembangan yang bagus sehingga perlu dana tambahan untuk bertransformasi.”

  1. Pekerjakan orang yang cerdas layaknya seorang master

Jika Anda merekrut seorang karyawan, rekrutlah orang yang benar-benar bisa diajak bekerja sama dalam tim Anda. Tidak harus mempekerjakan seorang master atau ahli dibidangnya. Cukup pekerjakan orang yang cerdas dan bisa melakukan pekerjaan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Bayangkan jika Anda harus meng-hire karyawan yang ahli dibidangnya dengan gaji yang tinggi, namun ternyata separuh gajinya tersebut bisa Anda pergunakan untuk biaya pemasangan iklan dan separuhnya lagi bisa Anda gunakan untuk mempekerjakan orang yang lebih tekun, cerdas, mau belajar dan pastinya bisa melakukan pekerjaan pada perusahaan Anda layaknya seorang master. Menurut Jack MA, “temukanlah orang yang tepat sesuai dengan tingkat dan kebutuhan Anda.”

Sumber gambar : http://dealbook.nytimes.com/

Sumber: http://netpreneur.co.id/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s