6 Tipe Cinta, Termasuk Manakah Kamu?


CiriCara.com – Saat sedang merasakan jatuh cinta, bisa jadi perasaan itu bergelora dan penuh hasrat. Tak bertemu sehari saja, kamu merasakan rindu dengannya. Selain itu, dengan melihat wajah dan bertatapan langsung dengannya saja sudah membuat kamu sangat bahagia. Pada saat melihat dia mengobrol dengan orang lain, timbul cemburu yang hebat pada diri kamu. Perasaan cinta tersebut bisa diartikan bahwa cinta kamu terhadapnya sangat menggebu-gebu. Tapi, tak semua orang mengalami cinta yang seperti itu. Ada seseorang yang timbul perasaan cintanya setelah lama menjalin hubungan asmara. Salah satu peneliti cinta, John Allan Lee berhasil mengidentifikasi bahwa cinta terdiri dari 6 tipe yang berbeda. Apa saja? Inilah 6 tipe cinta:

1. Cinta kawan karib atau storage

Tipe cinta yang satu ini memiliki perasaan cinta yang kurang berkobar-kobar, tapi mengandung perasaan yang dalam. Mereka berkomitmen kuat terhadap hubungan yang telah dibuat. Namun, jarang ada ungkapan cinta dari bibir mereka. Misalnya, “aku cinta kamu”, kalimat tersebut jarang bahkan tidak keluar dari bibir si penganut cinta ini. Daya tarik fisik tidak dinilai penting sehingga perkara seks pun dinilai bukan hal utama dalam hubungan cinta.

2. Cinta kepunyaan atau mania

 

Tipe cinta ini adalah cinta yang obsesif, sangat intens, penuh kecemasan, posesif, dan pencemburu. Cinta yang gabungan antara eros dan ludus ini menuntut perhatian ekstra dari pasangannya. Seseorang yang memiliki tipe cinta seperti ini akan terus menerus memikirkan orang yang dicintainya. Selain itu, mereka juga takut akan kehilangan cintanya.

3. Cinta logikal atau pragma

Tipe cinta yang satu ini adalah cinta yang dipandang sebagai sesuatu yang realistik dan praktis. Mereka sangat mempertimbangkan faktor-faktor yang menunjang kelanjutan hubungan saat mencari pasangan. Misalnya, memiliki kesamaan demografi (umur, tingkat sosial ekonomi, tingkat pendidikan, etnis, tempat tinggal, pekerjaan, dan lain sebagainya). Selain itu, mereka juga sangat mempertimbangkan faktor kecocokan, kesamaan, dan kualitas kepribadian yang dibutuhkan agar hubungan bisa langgeng.

4. Cinta romantik atau eros

Para penganut cinta eros ini sangat memperhatikan daya tarik fisik otang yang dicintai. Saat sudah menjalin hubungan asmara, mereka memiliki ikatan emosional yang kuat terhadap orang yang dicintainya tersebut. Rasa cinta yang dimilikinya itu berdasarkan daya tarik fisik pada saat pertama jumpa. Cinta eros ini menggebu dan berani mengambil risiko. Saat sudah menjalin hubungan asmara, mereka menganggap penting ciuman dan pelukan.

5. Cinta permainan atau ludus

Si playboy merupakan salah satu contoh orang yang menganut tipe cinta ludus. Penganutnya tidak pernah serius dalam soal cinta. Mereka gampang sekali bosan. Tak ada komitmen dan kecemburuan dalam urusan cinta. Tanpa adanya komitmen dan kecemburuan itu mereka menyebutnya sebagai cinta yang sesungguhnya. Positifnya, mereka penuh percaya diri. Untuk melakukan permainan cinta memang diperlukan kepribadian yang kuat. Jenis cinta ini bersifat dangkal dan mudah beralih kepada orang lain.

6. Cinta korban atau agape

Tipe cinta yang satu ini menunjukkan cinta yang kekuatannya melebihi ego dan fisik semata. Inilah tipe cinta yang tidak mementingkan diri sama sekali. Penganut tipe cinta ini penuh perhatian pada orang yang dicintai tanpa adanya kepentingan pribadi. Mereka juga memiliki sikap menolong yang kuat, di mana kebutuhan orang yang dicintai dinomorsatukan daripada kebutuhannya sendiri.

Itulah 6 tipe cinta. kamu tentu bisa mereka-reka tipe cinta seperti apa yang dimiliki. Selain itu kamu juga bisa melihat tipe cinta apa yang dianut oleh si dia. Bagaimana, termasuk tipe cinta manakah kamu? (NR)

Read more at: ciricara.com
Copyright © CiriCara.com

2 thoughts on “6 Tipe Cinta, Termasuk Manakah Kamu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s