Olahraga, Cara Mudah dan Murah Menangkal Jerawat


VIVAlife – Botox, filler, sedot lemak, silikon, serta bedah kosmetik lain memang jadi cara mudah untuk membuat mulus kulit dan mempercantik penampilan. Tapi, butuh banyak uang untuk melakukannya, belum lagi rasa sakit, dan menunggu masa penyembuhan.

Padahal, ada cara mudah dan murah untuk mendapatkan kulit cantik, kencang, dan bebas jerawat, yaitu berolahraga. Seorang ahli kecantikan mengatakan bahwa latihan teratur menghasilkan efek positif bagi kecantikan secara keseluruhan.

Karena itu, lupakan kecantikan instan, mulailah beralih ke olahraga. Simak beberapa manfaat olahraga untuk kecantikan Anda.

1. Rambut sehat
Oahraga apapun dapat membantu mengatasi stres, sekaligus menyehatkan rambut. Itu karena, melakukan latihan dapat meningkatkan sirkulasi darah dari folikel kulit kepala menuju rambut.

Folikel kaya akan oksigen dan antioksidan, sehingga mampu menghancurkan radikal bebas yang hendak merusak rambut. Dengan kata lain, seperti dilansir dari Times of India, olahraga dapat mendorong pertumbuhan rambut, mengontrol kerontokan, serta membuat kulit kepala lebih sehat.

Cobalah untuk berolahraga di luar ruangan. Paparan sinar matahari dapat memberikan vitamin alami untuk pertumbuhan rambut Anda.

2. Kulit cerah
Olahraga teratur juga pasti dapat menjaga kesehatan kulit. Cara kerjanya, dengan meningkatkan sirkulasi darah ke permukaan kulit. Olahraga membantu kulit Anda memasok nutrisi penting.

Salah satu jenis latihan yang jamak dilakukan wanita adalah aerobik. Keringat yang ke luar saat latihan dapat pertanda bahwa tubuh Anda sedang mengalami proses detoksifikasi.

Racun dalam tubuh keluar melalui keringat, kemudian sirkulasi darah dapat meningkat serta terjadi proses oksigenasi. Alhasil kulit terlihat sehat bercahaya.

3. Perlambat munculnya kerutan
Wanita cenderung kehilangan kepercayaan diri ketika kulit mulai kehilangan elastisitasnya atau keriput. Tak sedikit pula yang melakukan botox atau filler. Namun dengan berlatih rutin, mampu memperlambat munculnya keriput, garis-garis halus di wajah, serta kulit kendur.

Latihan merangsang produksi kolagen dan protein yang merupakan bagian dari struktur pendukung kulit. Disamping itu, otot-otot juga akan lebih kuat sehingga kulit lebih kencang dan elastisitasnya terjaga.

4. Cegah jerawat
Salah satu masalah wajah yang paling ditakuti wanita adalah jerawat. Bintik merah meradang ini biasa disebabkan karena produksi minyak yang berlebihan, sehingga menyumbat pori-pori.

Saat minyak secara teratur dilepaskan dalam pori-pori, maka hormon tertentu seperti hormon tetosteron dan hormon stres atau kortisol dapat menyebabkan kelebihan produksi.

Ketika jerawat pada kulit bertambah artinya hormon-hormon tersebut sedang meningkat. Namun Anda dapat memperbaiki ketidakseimbangan hormon dengan berolahraga. Olahraga memang bisa membantu mengurangi stres, menurunkan kadar kortisol dalam darah, serta menghilangkan produksi sebum berlebih yang menyebabkan pori-pori tersumbat.

Ketika berolahraga dan mengeluarkan keringat. Saat itulah pori-pori dibersihkan oleh keringat untuk menghilangkan sel kulit mati, minyak, serta bahan kimia.

5. Kencangkan payudara

Tak perlu langsung ke dokter bedah plastik untuk memperbaiki bentuk payudara Anda. Cara paling sederhana dan mudah adalah dengan berolahraga. Renang menjadi alternatif yang baik untuk mengencangkan payudara.

Sebuah studi di Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa wanita yang melakukan olahraga ringan sektiar 10-19 jam per minggu, risiko terkena kanker payudara jadi lebih rendah. Penurunan risiko ini mencapai 30 persen.

Sumber: http://life.viva.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s