Kenapa Bersendawa Setelah Minum Soda?


Jakarta, Minuman soda memang bisa menyegarkan terutama jika diminum dalam keadaan dingin. Tapi biasanya orang akan bersendawa setelah mengonsumsi minuman bersoda. Kenapa bisa begitu?

Bersendawa merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan kelebihan gas dalam sistem pencernaan. Ketika seseorang menelan makanan dan minuman, maka ia juga memasukkan sejumlah kecil udara.

Beberapa minuman terutama yang berkarbonasi seperti soda mengandung gas karbon dioksida. Gelembung udara ini sebenarnya sudah digabungkan ke dalam air selama proses produksi, tapi tetap saja masih ada karbon dioksida yang tidak ikut tergabung.

Semakin banyak soda yang diminum maka akan lebih banyak pula gelembung karbon dioksida yang masuk ke sistem pencernaan. Ketika jumlah gas ini sudah terkumpul maka tubuh harus mengeluarkannya. Bersendawa adalah salah satu cara untuk melepaskan gas tersebut, seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (1/6/2011).

Jika seseorang minum soda dengan cepat, maka jumlah udara yang ikut tertelan akan semakin meningkat sehingga jumlah gas yang masuk ke dalam tubuh akan lebih banyak dan menimbulkan rasa sakit atau kembung di perut.

Terkadang gelembung udara yang tertelah cukup besar sehingga menimbulkan rasa ketidaknyamanan di kerongkongan, serta tekanan dari gelembung udara yang masuk juga bisa terasa di dada atau perut.

Mengonsumsi minuman soda dengan menggunakan sedotan juga bisa meningkatkan ukuran dan jumlah gelembung udara yang tertelan. Kondisi ini akan membuat seseorang bersendawa lebih banyak setelah minum soda.

Untuk mengurangi jumlah gas yang tertelan, cobalah minum soda secara perlahan-lahan tanpa sedotan, hindari makanan yang mengandung gas seperti kol, brokoli, jangan sambil makan permen karet atau merokok karena akan membuat seseorang menelan lebih sering.

Sumber : http://health.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s