Hal-hal yang Bisa Memperparah Gejala Alergi


img Jakarta, Alergi yang muncul baik berupa bersin atau gatal-gatal pasti sangat mengganggu aktivitas. Namun ada beberapa hal yang tanpa disadari bisa membuat alergi seseorang menjadi bertambah parah.

Beberapa trik memang bisa dilakukan untuk menghindari pemicu alergi, seperti menjaga jendela tetap tertutup, menjaga kebersihan, atau memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Tapi banyak orang yang tidak menyadari bahwa hal-hal tertentu kadang bisa memperburuk kondisi alerginya, seperti dikutip dari ABCNews.go.com, Selasa (31/5/2011) yaitu:

Stres pekerjaan
Peneliti di Ohio State University of Medicine menemukan penderita alergi akan memiliki gejala lebih buruk saat ia melakukan tes yang merangsang kecemasan. Janice Kiecolt-Glaser, PhD menuturkan hormon stres bisa merangsang produksi IgE (protein darah yang menyebabkan reaksi alergi).

Mengonsumsi alkohol
Salah satu penyebabnya karena bakteri dan ragi dalam alkohol akan menghasilkan histamin, yaitu senyawa kimia yang menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata gatal. Richard F Lockey, MD, direktur divisi alergi dan imunologi dari University of South Florida College of Medicine menyarankan untuk hindari konsumsi alkohol.

Tanaman hias di dalam rumah bisa memicu bersin
Meletakkan tanaman di dalam rumah memang bisa menyegarkan mata, tapi tanaman tertentu bisa menyebarkan alergen ke udara dan membuat seseorang bersin-bersin dan memicu alergi. Tanaman seperti ficus, varietas anggrek dan pakis dinilai paling rawan bagi orang alergi.

Teman yang merokok
Rokok mengandung berbagai bahan kimia beracun yang bisa mengiritasi, dan penderita alergi umumnya lebih sensitif dibanding orang sehat. Bahkan meskipun tidak berdekatan dengan orang yang merokok, partikel rokok yang menempel di pakaian bisa memperburuk gejala alergi yang muncul.

Tidak mandi setelah bepergian
Jika tubuh rentan terhadap debu, serbuk sari atau kotoran yang berasal dari luar maka segera mandi begitu sampai di rumah untuk menghindari masuknya partikel ke seluruh bagian rumah. Hal ini karena partikel tersebut bisa terjebak pada tubuh, rambut, pakaian dan sepatu.

Sumber : http://health.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s