Fakta unik Stonehenge


>

stonehengeFakta unik Stonehenge adalah arti istilah abad pertengahan “hanging stones”. Multi-ton batu-batu itu dibawa ke dataran Salisbury dari jarak yang jauh. Para ahli berspekulasi bahwa batu bisa saja memakai rakit, diangkut oleh air dan diseret pada rol. Para peneliti memperkirakan bahwa Stonehenge digunakan sebagai tempat ibadah, bahkan sebagai lokasi untuk pengorbanan manusia, yang lain menganggap bahwa formasi batu yang digunakan sebagai sebuah observatorium untuk memperkirakan posisi matahari dan bulan terhadap bumi dan menentukan musim.

Artefak unik ini diperkirakan lebih dari tiga puluh juta jam tenaga kerja pembangunannya. Sebagai bangunan misterius kuno, sudah lama arkeolog bingung, tidak ada yang tahu mengapa situs bersejarah ini dibangun, meskipun diyakini telah dimulai sekitar 3100 SM dan mencakup beberapa abad. Saat ini hanya setengah dari monumen asli yang masih bertahan, karena selama berabad-abad, orang-orang mengambil potongan-potongan batu untuk bahan bangunan dan suvenir, namun saat ini Stonehenge merupakan tujuan wisata populer.
stonehenge
Mike Parker Pearson dari Universitas Sheffield, Inggris berpendapat bahwa Stonehenge terutama tempat untuk orang mati, dan harus diperlakukan sebagai bagian dari kompleks monumen yang lebih besar dari daerah sekitarnya. Banyak kerangka manusia yang digali dari gundukan pemakaman di dekatnya menunjukkan tanda-tanda cedera atau sakit, dan analisis kimia gigi mengungkapkan bahwa mereka datang dari negeri-negeri jauh seperti Irlandia, Wales dan Inggris utara, sehingga monumen adalah tempat penyembuhan, mungkin orang memiliki kesan bahwa tempat ini bisa menyembuhkan dari penyakit mereka.
Teori lain beranggapan bahwa itu adalah observatorium kuno, digunakan untuk menandai pertengahan musim panas, tetapi lain menyarankan bahwa Stonehenge digunakan untuk memprediksi gerhana matahari dan bulan. Lionel Syms dari University of East London berpendapat bahwa bangunan itu menandai perubahan mendasar dalam masyarakat dari berburu ke pertanian, yang berhubungan dengan pergeseran dari bulan untuk menyembah matahari. Dalam kasus ini Stonehenge bisa digunakan sebagai tempat ibadah Moon.
stonehenge
Stonehenge diproduksi oleh budaya tanpa bahasa tulis, namun aspek itu masih banyak diperdebatkan, tetapi ada banyak teori yang sangat beragam menjelaskan asal mula monumen yang indah itu. Dengan kata lain, kita tidak tahu pasti, dan bisa jadi Stonehenge adalah sebuah spekulasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s