Software Pembersih Komputer


Komputer yang baru digunakan dengan komputer yang sudah lama digunakan terlihat berbeda. Misalkan dalam segi kecepatan akses, komputer yang sudah lama digunakan akan terasa lebih lambat. Hal ini tentu dapat membuat pengguna (user) merasa kesal. Salah satu penyebabnya adalah menumpuknya file sampah atau dikenal dengan istilah junk file.

File sampah merupakan file-file yang sudah tidak dipakai oleh komputer dan jika dibiarkan akan mempengaruhi kinerja komputer yang kita miliki.  File-file ini berasal dari cache, temporary internet file, cookies, recent document dan lain-lain. Selain itu juga dapat berasal dari registry. Software untuk pembersih komputer sangat banyak. Diantaranya CCleaner, Mz Ultimate Cleaner, Moo0 DiskCleaner, dan lain-lain. Atau kita juga bisa menggunakan software bawaan Windows, yaitu Disk Cleanup.

Di sini saya akan mengambil contoh software CCleaner. Software ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya memiliki ukuran yang cukup kecil, freeware dan tampilannya mudah dipahami. Software ini dapat di-download di http://www.ccleaner.com/. Software ini bisa membersihkan junk file dari beberapa software dan membersihkan registry yang error atau tidak terpakai.

Jika Anda ingin menjalankan software Disk Cleanup, pertama-tama klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup. Atau dengan cara klik Start > Run lalu ketik cleanmgr.exe. Pilih drives yang akan dibersihkan lalu klik OK. Tunggu proses scanning. Jika sudah selesai maka akan muncul jendela Disk Cleanup. Centang file yang ingin dihapus, lalu klik OK. Tunggu proses penghapusan. Tampilan akan menutup secara otomatis setelah proses selesai.

Istilah

Temporary Internet Files adalah direktori pada Microsoft Windows sistem komputer. Direktori ini digunakan oleh Internet Explorer dan web browser lain untuk cache dan konten multimedia lainnya, seperti video dan file audio, dari situs yang dikunjungi oleh pengguna. Hal ini dapat mempercepat proses pembukaan situs yang sudah pernah dikunjungi. Pada Windows XP , biasanya terletak di %USERPROFILE% \ Local Settings \ Temporary Internet Files

Cache. Dalam Internet sebuah proxy cache dapat mempercepat proses browsing dengan cara menyimpan data yang telah diakses di komputer yang berjarak dekat dengan komputer pengakses. Jika kemudian ada user yang mengakses data yang sama, proxy cache akan mengirim data tersebut dari cache-nya, bukan dari tempat yang lama diakses.

Cookies merupakan data file yang ditulis ke dalam hard disk komputer oleh web server yang digunakan untuk mengidentifikasikan diri user pada situs tersebut sehingga sewaktu user kembali mengunjugi situs tersebut, situs itu akan dapat mengenalinya.

Internet Explorer history merupakan daftar situs web yang telah dikunjungi user/pengguna saat berinternet.

Recent used list pada Windows XP terletak di C:\Documents and Settings\User Profile\Recent. Biasanya berisi shortcut dari file dan folder yang dibuka oleh pengguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s